Rabbighfirli Waliwalidayya Rabbighfirli walilalidayaa merupakan potongan ayat dari salah satu doa dalam agama Islam yg di peruntukkan untuk ...
xschoolpedia

Arti Rabbighfirli Waliwalidayya

Daftar Isi [Tampil]

    Rabbighfirli Waliwalidayya

    Arti Rabbighfirli Waliwalidaiyya

    Rabbighfirli walilalidayaa merupakan potongan ayat dari salah satu doa dalam agama Islam yg di peruntukkan untuk orang tua. Bacaan lengkapnya yaitu "Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kamaa rabbayani saghira".

    Dalam agama Islam kita diajarkan untuk brbakti kepada orang tua. Alangkah baiknya jika kita juga mendoakan orang tua kita supaya diberi kesehatan dan keselamatan dunia akhirat. Lalu siapa itu orang tua? Orang tua adalah bapak atau Ibu yang telah melahirkan kita yang terikat olaeh suatu perkawinan yang sah.

    Selain itu, mendoakan orang tua juga termasuk ke dalam kebaktian seorang anak. Berbakti kepada orang tua merupakan salah satu tingkat keberhasilan sang anak, karena Ridho Allah SWT terletak pada ridho orang tua.

    Doa anak kepada orang tua merupakan salah satu amal jariyah yang tidak akan pernah putus ketika orang tua telah tiada. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah Saw berikut ini !

    Jika seorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah,ilmu yg bermanfaat dan anak yang sholeh. (HR. Muslim)

    Nah, Rabbighfirli waliwalidayya adalah potongan ayat dari doa kepada orang tua. Mungkin dari anda pernah medengar kalimat tersebut, namun belum mengetahui tulisan arab dan artinya. Maka, berikut ini merupakan tulisan arab Rabbighfirli waliwalidayya dan artinya beserta bacaan lengkapnya.

    Rabbighfirli waliwalidayya Arab dan Artinya

    Arti Rabbighfirli Waliwalidayya

    Rabbighfirli Waliwalidayya adalah doa singkat untuk kedua orang tua (ayah dan ibu ) yang artinya "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku". Adapun tulisan arab atau arabic text adalah sebagai berikut.

    رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ

    Rabbighfirli Waliwalidayya

    "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku"

    Rabbighfirli Waliwalidayya juga dapat diartikan sebagai "Wahai Peliharaanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (bapak dan ibu) . Adapun doa kepada orang tua secara lengkap adalah sabagai berikut.


    Doa Kepada Orang Tua

    Arti Rabbighfirli Waliwalidayya

    Kalimat Rabbighfirli Waliwalidayya merupakan versi pendek dari doa kepada orang tua, sedangkan versi panjangnya adalah Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kamaa rabbayaanii shaghiraa. Adapun artinya sebagai berikut.

    رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

    Latin :   Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kamaa rabbayaanii shaghiraa. 

    Artinya : "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan kasihinilah mereka sebagaimana mereka merawat aku di waktu kecil.

    Sebagai anak kita harus berbakti kepada orang tua, dan mendoakan mereka berdua juga merupakan salah satu cara berbakti kepada orang tua, terutama bagi orang tua, terutama bagi orang tua yang telah meninggal. Seperti hadist diatas bahwa salah satu amal yang tidak akan terputus walaupun sudah meninggal sekalipun adalah anak sholeh yang mendoakan orang tuanya.

    Nah, itulah dia artikel tentang Rabbighfirli Waliwalidayya yang merupakan doa singkat untuk orang tua beserta arab dan latinnya. Demikian artikel yg dapat xschoolpedia.blogger bagikan tentang doa dalam agama Islam dan semoga bermanfaat.
    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done