Alasan Video Game Memberikan Pembelajaran yang Efektif Ada syarat yang didefinisikan secara luas untuk pembelajaran yang efektif: konteks ya...
xschoolpedia

Alasan Video Game Memberikan Pembelajaran yang Efektif

Daftar Isi [Tampil]

    Alasan Video Game Memberikan Pembelajaran yang Efektif


    Apa Saja Alasan Video Game Memberikan Pembelajaran yang Efektif?

    Ada syarat yang didefinisikan secara luas untuk pembelajaran yang efektif: konteks yang bermakna, keaslian, motivasi, kebebasan untuk membuat kesalahan, dan otonomi pelajar. Materi pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris memanfaatkan kekuatan konteks dan keaslian yang bermakna dengan menghadirkan bahasa baru dengan cara yang menciptakan kebutuhan sejati untuk berinteraksi dan berkomunikasi.

    Narasi yang kuat

    Konteks adalah perekat yang membantu kita menghubungkan informasi baru dengan apa yang sudah kita ketahui tentang dunia. Inilah sebabnya mengapa ketika kita belajar bahasa, kita membahas serangkaian topik seperti keluarga, hobi, atau hiburan seperti Video Game, alih-alih mempelajari semua kata dalam urutan yang muncul dalam kamus yang dimulai dengan A dan diakhiri dengan Z.

    Tanpa konteks yang sesuai, informasi baru tidak memiliki apa-apa untuk melekat pada otak kita dan menjadi hampir mustahil untuk diingat. Video game mengatur konteks yang sangat baik dengan memberikan narasi yang kuat dan menarik, sebuah cerita. Manusia terhubung dengan cerita. Narasi yang kuat sangat menarik karena memicu respons emosional.

    Hal yang pada gilirannya membuatnya mudah diingat. Itulah mengapa mendongeng adalah alat yang sangat ampuh dalam pemasaran, politik, bisnis, dan media. Saat mengajar pelajar muda, mendongeng sangat penting: anak-anak lebih mengandalkan memori episodik daripada orang dewasa untuk mengingat fakta dan peristiwa konkret yang mereka alami yang saling terkait dalam pembelajaran.

    Keterlibatan emosional

    Ada hubungan langsung antara motivasi pelajar dan hasil belajar di dalam dan di luar kelas. Pembelajar yang terlibat fokus dan ingin tahu, dan umumnya melakukan lebih baik daripada mereka yang tidak tertarik atau terganggu. Video game sangat baik dalam memanfaatkan cerita, tantangan, dan penghargaan di dalam game untuk memicu respons emosional yang secara langsung. 

    Apa Saja Alasan Video Game Memberikan Pembelajaran yang Efektif?

    Terkait dengan motivasi. Di dalam permainan Minecraft, pelajar termotivasi untuk memecahkan teka-teki Bahasa. Karena memastikan kemajuan mereka dalam permainan. Mereka didorong untuk tekun dalam belajar, baik oleh lingkungan maupun karakter yang mereka temui. Pemain dapat memilih bagian mana yang paling diperhatikan, tetapi mereka tidak dapat menghindarinya.

    Kebebasan untuk gagal

    Ini mungkin tampak kontra-intuitif, tetapi ketika belajar bahasa, kesalahan dapat bermanfaat ketika pelajar diberi kesempatan untuk memperhatikan dan merenungkannya di lingkungan yang aman. Video game sangat baik dalam memberikan banyak kesempatan aman untuk berlatih. Dalam game Minecraft, misalnya, pemain bebas mengembara ke arah yang salah atau salah mengeja kata.

    Pengambilan keputusan independen Independent

    Akhirnya, dalam semua jenis konteks pengajaran, otonomi pelajar adalah pilar kesuksesan lainnya. Semakin terlibat pembelajar dalam proses belajar mereka sendiri, semakin bermanfaat hasilnya. Di kelas pembelajaran bahasa, pelajar didorong untuk mengembangkan keterampilan belajar bersama mendengarkan, menulis, berbicara dan membaca, menjaga catatan kosa kata yang konsisten.

    Serta menggambar peta pikiran, mengembangkan strategi untuk mengerjakan ujian, mendengarkan dan membaca cepat. Dalam video game, proses menjadi pembuat keputusan independen secara alami dipupuk melalui sifat tugas yang ada: pemain harus menemukan jalan keluar dari situasi sulit.

    Sering kembali ke titik awal dan memulai dari awal lagi untuk kemajuan dalam permainan Video Game. Dengan melakukan itu, para pemain tidak hanya mengembangkan rasa ingin tahu mereka, tetapi juga ketekunan, keterampilan memecahkan masalah dan kepercayaan diri.

    Nah, itulah dia artikel tentang Alasan Video Game Memberikan Pembelajaran Yang Efektif. Demikian artikel yang dapat xschoolpedia bagikan, semoga bermanfaat.

    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done