Bukan Hanya Menyenangkan, Inilah Manfaat Game untuk Kesehatan! Mungkin Anda tahu bahwa bermain game kerap kali dianggap negatif terutama ora...
xschoolpedia

Bukan Hanya Menyenangkan, Inilah Manfaat Game untuk Kesehatan!

Daftar Isi [Tampil]

    Bukan Hanya Menyenangkan, Inilah Manfaat Game untuk Kesehatan!

    Manfaat Game

    Mungkin Anda tahu bahwa bermain game kerap kali dianggap negatif terutama orang tua. Alasannya tidak sedikit anak bahkan remaja yang kecanduan gara – gara bermain game. Namun sebelum Anda mengutuk lebih jauh lagi, faktanya game itu memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan.

    Lantas apa saja manfaat game untuk kesehatan ? Simak ulasannya!

    Dapat Meredakan Rasa Sakit

    ketahuilah bahwa salah satu cara yang umum untuk mengalihkan diri dari rasa sakit itu adalah dengan mengalihkan perhatian pada hal – hal lain. Salah satunya adalah dengan bermain game. Pada saat sistem kognitif kita berfokus pada game, maka tubuh pin tidak dapat memperhatikan rangsangan eksternal.

    seperti suara, bau dan rasa sakit. Hal tersebut menurut laman Reader’s Digest. Disisi lain menjadi penghilang rasa sakit pada korteks.

    Membantu Penderita Disleksia

    Disleksia adalah sebuah gangguan belajar yang kerap kali dialami oleh anak. Nah pendderitanya itu akan mengalami kesulitan dalam pembelajaran seperti membaca, hal tersebut karena kemampuan untuk mengidentifikasi kata – kata yang diucapkan itu kurang.

    Menurut studi Mental Floss, menunjukan bahwa bermain video game dapat meningkatkan pemahaman membaca penderita disleksia. Alasannya karena game ini memerlukan fokus yang intens. Sehingga dapat memancing mereka untuk lebih fokus.

    Meredakan Trauma Dengan Tetris

    Manfaat game untuk kesehatan lainnya adalah meredakan trauma. Apakah Anda masih ingat dengan game tetris ? jika masih Anda harus tahu juga bahwa faktanya game ini bukan hanya untuk mengisi waktu saja, namun menurut beberapa kelompok penelitian telah membuktikan tetris tersebut dapat mengatasi trauma.

    Nah kelompok peneliti itu meminta 37 pasian kecelakaan lalu lintas untuk memainkan game tetris selama 20 menit. Disisi lain 34 pasiennya tidak bermain. nah hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa pasien yang sudah bermain tetris mempunyai ingatan traumatis 62% lebih sedikit dari pada yang tidak memainkannya.

    Mampu Melawan Depresi

    Developer game Plants vs Zombie yaitu PopCap Games pernah melakukan survei secara formal pada pemaiannya. Nah menurut developer tersebut telah menemukan bahwa 77% player mengaku bahwa mereka mendapatkan manfaat secara emosional dari game tersebut.

    Lantas kenapa demkian, developer tersebut sudah meminta bantuan East Carolna University. Yang dimana akan menjelaskan fenomena ini. faktanya ketika bermain 20 menit. Detak jantung dari pemainan meningkat. Hal tersebut berkaitan dengan berkurangnya stres serta meningkatnya ketahanan tubuh.

    Disisi lain gelombang alfa frontal kiri otak yang menurun, nah hal tersebut menunjukan bahwa terdapat peningkatan mood.

    Sekian informasi yang bisa disampaikan untuk Anda mengenai manfaat game untuk kesehatan. Semoga dengan adanya ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk untuk Anda dan sudah kita ketahui bahwa game ini tidak semuanya memiliki dampak negatif.

    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done