Edukasi Tentang Soft Skill Teknik Pengelasan SMAW   1G  PKM Mahasiswa UNPAM Selain kegiatan akademis mahasiswa juga di tuntut aktif dalam ke...
xschoolpedia

Edukasi Tentang Soft Skill Teknik Pengelasan SMAW 1 G Pada PKM Mahasiswa UNPAM Di Kampung Cilaku

Daftar Isi [Tampil]

    Edukasi Tentang Soft Skill Teknik Pengelasan SMAW   1G  PKM Mahasiswa UNPAM

    Selain kegiatan akademis mahasiswa juga di tuntut aktif dalam kegiatan keorganisasian dan kegiatan kemasayarakan. Dalam hal tersebut mahasiswa di tuntut untuk dapat bersosialisasi dan mengedukasi masyarakat secara langsung. Seperti halnya kegiatan yang dilakukan mahasiswa Universitas Pamulang beberapa waktu lalu yang telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), lokasi yang dipilih kali ini adalah Kampung Cilaku Tegal Tenjo Kab.Bogor.

    Edukasi Tentang Soft Skill Teknik Pengelasan SMAW 1 G Pada PKM Mahasiswa UNPAM Di Kampung Cilaku

    Foto Setelah Kegiatan PKM


    Dalam kegiatan PKM kali ini tema yg di ambil adalah Pelatihan Pengelasan SMAW 1G, hal ini dipilih karena pentingnya soft skill dalam dunia pekerjaan dimana hal ini sulit di dapatkan bagi masyarakat umum. Yang di harapkan soft skill tersebut dapat berguna di kemudian hari.

    Edukasi Tentang Soft Skill Teknik Pengelasan SMAW 1 G Pada PKM Mahasiswa UNPAM Di Kampung Cilaku

    Foto Penyampaian Materi Kepada Pemuda dan Masyarakat 

    Dalam kegiatan ini terdapat dua kelompok yang terdiri dari 5 mahasiswa di masing - masing kelompoknya. Di kelopok pertama yang di ketuai oleh "Ahmad Bani" ini bertugas menyampaikan materi tentang Pengelasan SMAW 1G, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 06 Juni 2021 yang diikuti oleh sekitar 7 Orang warga. Selain penyampaian materi secara teori mahasiswa juga memperagakan tentang teknik pengelasan secara langsung kepada warga. Kegiatan tersebut juga di hadirin oleh tokoh pemuda yaitu saudara "Nurfalah" selaku ketua pemuda kampung cilaku.

    Edukasi Tentang Soft Skill Teknik Pengelasan SMAW 1 G Pada PKM Mahasiswa UNPAM Di Kampung Cilaku

    Foto Peragaan Pengelasan 

    Pengelasan SMAW adalah proses pengelasan yang memanfaatkan percikan panas dari busur arus listrik bertemperature sangat tinggi. Energi panas tersebut di ciptakan karena adanya lompatan ion listrik diantara anoda dan katoda. Panas inilah yang kemudian digunakan untuk mencairkan elektroda dan logam induk.

    Selain menggunakan elektroda sebagai logam pengisi, pengelasan SMAW juga melibatkan sebuah salutan. Salutan ini berguna untuk melindungi cairan logam pengelasan segingga tidak membutuhkan lagi tekanan dari gas innert.

    Singkatnya Pengelasan SMAW 1G merupakan posisi pengelasan di bawah tangan (Hand down) sama seperti 1F tetapi dengan posisi benda kerja horizontal pada pengelasan ini posisi elektroda membentuk sudut 30 derajat s/d 50 derajat dengan setingan kuat arus 50A s/d 60A tergantung jenis elektrodanya. Tenik pengelasan ini merupakan teknik paling mudah di banding dengan teknik 2G ataupun 3G. 

    Kegiatan ini berlangsung selama 1 Hari penuh, setelah kegiatan penyampaian materi dan peragaan tentang pengelasan SMAW kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah dan diskusi ringan antara pemuda, warga dan mahasiswa. 

    Nah, itulah dia artikel tentang Edukasi Soft Skill Teknik Pengelasan SMAW 1 G Pada PKM Mahasiswa UNPAM Di Kampung Cilaku Tegal. Demikian artikel yang dapat xschoolpedia bagikan semoga bermanfaat.

     



    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done