Sebagai manusia, Anda pasti pernah dilanda kebimbangan ketika akan memutuskan sebuah perkara. Jangan bimbang, karena dalam Islam, Anda bisa...
xschoolpedia

Cara Melaksanakan Shalat Istikharah

Daftar Isi [Tampil]

     Sebagai manusia, Anda pasti pernah dilanda kebimbangan ketika akan memutuskan sebuah perkara. Jangan bimbang, karena dalam Islam, Anda bisa mencoba menemukan jawabannya dengan melaksanakan shalat istikharah.

    Di mana, shalat satu ini adalah pilihan paling tepat untuk mencari jawaban ketika Anda tengah bimbang. Shalat istikharah sendiri adalah salah satu shalat sunnah. Jadi, dalam Islam, kita tahu dong, ada banyak sekali shalat sunnah yang bisa Anda lakukan.

    Mulai dari shalat rawatib, shalat wudhu, shalat mutlak, tahiyatul masjid, tahajjud, qiyamul lail, hingga shalat istikharah. Dan masing-masing shalat mempunyai manfaatnya masing-masing.

    Namun satu hal yang pasti, bahwa ketika Anda sering melakukan shalat sunnah, maka Allah akan menambah kedamaian dan turunkan rahmat Nya kepada Anda. Adapun cara melaksanakan shalat istikharah ini tidak begitu berbeda dengan shalat sunnah yang lainnya.

    Karena dimulai dengan takbiratul ihram, kemudian ditutup dengan salam. Yang mana, semua gerakan yang ada pada shalat sunnah lainnya juga Anda lakukan. Lantas, apa yang membedakannya?

    Nah, secara umum, terdapat dua perbedaan antara shalat sunnah lain dengan shalat sunnah istikharah. Perbedaannya ada pada niatnya dan juga surah yang Anda baca. Meskipun sebenarnya, Anda bisa saja membaca surah apapun.

    Hanya saja, ada surah yang ternyata dianjurkan untuk And abaca. Ketika melaksanakannya, Anda meski menanamkan dalam hati, bahwa hanya Allah saja yang bisa memberikan petunjuk pada pilihan yang sulit Anda putuskan tersebut.

    Kemudian, bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, dan ikuti petunjuk yang telah Allah berikan. Termasuk ketika jawaban atau petunjuk yang Allah berikan berbeda dengan yang Anda inginkan. Ketahuilah, bahwa apa yang Anda inginkan belum tentu yang terbaik.

    Selain itu, Anda juga meski membacakan dan memanjatkan doa seyakin dan sekhusyuk mungkin. Teguhkan keyakinan, mintalah bimbingan kepada Nya.

    Tata Cara Shalat Istikharah

    Cara Melaksanakan Shalat Istikharah

    Sebagaimana yang telah dijelaskan, bahwa pelaksanaannya tidak begitu berbeda dengan shalat lain. Meskipun begitu, Anda bisa memperhatikan cara melaksanakannya berikut.

    Niat

    Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Sahabat Rasulullah, Umar bin al-Khattab, bahwasanya Rasulullah bersabda, innamal a'malu binniyat. Yang artinya adalah segala sesuatu tergantung dengan niatnya.

    Kemudian, hadis tersebut dilanjutkan dengan sabda Rasulullah, bahwa setiap orang pasti akan mendapatkan balasan, sesuai dengan apa yang sudah diniatkan. Maka, ketika hendak melaksanakan shalat istikharah ini, perbaiki dahulu niat Anda.

    Murnikan, bahwa satu-satunya niat Anda hanyalah untuk mendapatkan rahmat Nya dan mendapatkan petunjuk dari Nya. Bukan yang lain. Jika niat Anda sudah benar, maka Anda akan mendapatkan balasan sesuai yang Anda niatkan.

    Selain itu, Anda juga perlu membaca niat. Di mana, terdapat 2 buah pendapat mengenai pembacaan niat. Terdapat yang melisankan atau melafadzkannya, dan ada pula yang hanya mencukupkan niat dalam hati saja.

    Jika Anda ingin menggunakan yang melafadzkan, maka silahkan, dan jika ingin mencukupkannya dengan niat dalam hati juga silahkan. Yang jelas, Anda berniat melaksanakan shalat istikharah karena Allah untuk mendapatkan petunjuk.

    Jika ingin melafadzkannya, maka Anda bisa membaca niat shalat istikharah berupa,

    أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى

    Yang artinya, aku niat melaksanakan shalat sunnah istikharah 2 rakaat, karena Allah.

    Takbiratul ihram

    Jika sudah berniat dan siap melaksanakan shalat, lanjutkan dengan membuka shalat. Yakni dengan takbiratul ihram dengan membaca 'Allahu Akbar'.

    Membaca iftitah

    Karena shalat sunnah satu ini dapat Anda lakukan kapanpun, maka Anda bisa melanjutkannya dengan membaca doa iftitah.

    Al-Fatihah

    Lalu lanjutkan dengan surah al-Fatihah

    Surah pendek

    Nah, ketika waktunya membaca surah pilihan, ada baiknya jika Anda membaca surah al-Kafirun. Karena Syaikh Wahbah al-Zuhaili berpendapat, bahwa ketika melaksanakan shalat istikharah, disunnahkan untuk membaca al-Kafirun, yakni untuk rakaat yang pertama.

    Sementara untuk rakaat yang kedua, adalah membaca surah al-Ikhlas.

    Ruku'

    Kemudian, lakukan ruku' seperti biasa dengan doa yang sama.

    I'tidal

    Lanjutkan dengan I'tidal yang tuma'ninah.

    Sujud

    Turunlah ke bawah, dan bersujudlah kepada Allah secara tuma'ninah.

    Duduk antara 2 sujud

    Berikutnya lakukan duduk di antara 2 sujud.

    Sujud yang kedua

    Kemudian sujud yang kedua.

    lalu, Anda bisa duduk sejenak beberapa detik, dan berdiri melaksanakan rakaat yang kedua. Lakukan hingga salam.

    Doa Setelah Shalat Istikharah

    Usai melaksanakan shalat istikharah, berdoalah. Anda bisa membaca doa berupa,

    Allȃ humma innī asaluka bi 'ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as-aluka min fadhlika fa innaka taqdiru wa ta'lamu wa lȃ a'lamu wa anta 'allȃmul ghuyūb. 

    Allȃhumma fa in kunta ta'lamu hadzal amra (sebutkan persoalannya , khairan lī fī 'ȃjlī amri wa ȃjlūh faqdur lī, wa yassirhu lī tsumma bȃrik lī fīhi.

    Allȃhumma in kunta ta’lamuū annahu syarrun lī fī dīni wa ma’ȃsyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khaira haitsu kȃna tsumma radh-dhinii bih.”

    Yang artinya, Wahai Allah, sungguh, hanya kepada Mu aku memohon kebaikan, hanya dengan ilmu Mu saja aku meminta ampunan, dengan kuasa Mu aku meminta kepada Mu, anugerah Mu yang Agung. Sesungguhnya,

    Engkaulah yang Maha kuasa, sementara aku tak kuasa. Engkau yang Maha tahu, sementara aku tidak tahu,.

    Engkau adalah dzat yang Maha mengetahui terhadap perkara ghaib. Ya Rabb, jika Engkau mengetahui urusan ini baik untukku dan agamaku, kehidupanku, akhir urusanku, maka tentukanlah untukku, mudahkan jalannya dan berkahi aku.

    Dan jika Engkau mengetahui perkara ini baik untukku, agamaku, kehidupanku, akhir urusanku, jauhkanlah dariku, dan jauhkan aku darinya. Tentukanlah untukku yang terbaik, dan jadikan aku ridha terhadapnya.

    Waktu Melaksanakannya

    Biasanya, usai melaksanakan shalat istikharah, Anda akan merasa lebih tenang dari sebelumnya. Jika sudah mengetahui beberapa hal penting di atas, kini Anda juga meski mengetahui waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat istikharah. 

    Adapun waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat istikharah adalah

    Sepertiga Malam Ketiga

    Waktu pertama adalah waktu sepertiga malam. Yakni dimulai dari pukul 1 pagi hingga sebelum masuknya waktu shalat shubuh. Selain baik Anda manfaatkan untuk shalat istikharah, waktu ini juga sangat baik Anda manfaatkan untuk melaksanakan shalat tahajjud. Bermunajat kepada Nya.

    Sepertiga Malam Kedua

    Yang kedua adalah sepertiga malam kedua, yang dimulai dari pukul 10 malam hingga masuknya sepertiga malam ke tiga, alias pukul 1 pagi hari. Ketika melaksanakan shalat istikharah pada jam-jam tersebut, Anda akan merasa lebih khusyuk dan konsentrasi tinggi.

    Sepertiga Malam Pertama

    Dan yang terakhir adalah ketika selesai shalat Isya hingga 10 malam.

    Anda bisa memilih waktu-waktu tersebut untuk melaksanakannya. Tentu, akan lebih baik jika Anda lakukan di sepertiga malam yang ketiga.

    Karena Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk shalat tahajjud juga. Sebagaimana kita ketahui, bahwa shalat tahajjud adalah shalat di mana semua munajat dikabulkan seketika. Demikian seputar shalat istikharah. Semoga bermanfaat.

    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done