Dzalika Taqdirul Azizil Alim Dzalika taqdirul azizil alim ialah penggalan dari Surat Yasin ayat 38. Lebih lengkapnya merupakan," Wasy- ...
xschoolpedia

Arti Dzalika taqdirul azizil alim

Daftar Isi [Tampil]

    Dzalika Taqdirul Azizil Alim

    Dzalika Taqdirul Azizil Alim

    Dzalika taqdirul azizil alim ialah penggalan dari Surat Yasin ayat 38. Lebih lengkapnya merupakan," Wasy- syamsu tajrii limustaqarril lahaa,żalika taqdiirul- aziizil- aliim". Sedikit uraian tentang Surat Yasin, pesan Yasin ialah Surat Makkiyah ataupun ayat- ayat yang turun saat sebelum Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam hijrah ke Madinah.

    Pesan Yasin sendiri ialah pesan ke 36 dalam Al- Quran, terdiri dari 83 ayat, tepatnya pada Juz 22( ayat 1- 21) serta 23( ayat 22- 83). Dinamakan pesan Yasin sebab mengambil dari ayat awal pesan ini.

    dzalika taqdirul azizil alim artinya

    Allah Subhaanahu wa Taaala berfirman," serta matahari berjalan di tempat peredarannya." Artinya, senantiasa berbalik pada pusat orbitnya yang sudah diresmikan oleh Allah Subhaanahu wa Taaala, dia tidak hendak menyalahinya serta tidak pula menyimpang darinya, serta matahari juga tidak memiliki keahlian mengendalikan dirinya serta tidak pula dapat menolak kekuasaan Allah Subhaanahu wa Taaala." demikianlah ketetapan yang Mahaperkasa," yang dengan keperkasaan- Nya, Ia mengatur seluruh makhluk yang begitu besar ini dengan pengendalian yang sangat sempurna serta atutan yang baik," lagi Mahamengetahui," yang dengan ilmu pengetahuan- Nya Ia menjadikan makhluk agung ini selaku maslahat untuk hamba- hamba- Nya serta khasiat untuk mereka dalam urusan agama serta dunia mereka.

    Serta di antara ciri kuasa- Nya merupakan kalau matahari berjalan di tempat peredarannya yang sudah didetetapkan dengan kehendak Allah Subhaanahu wa Taaala serta sedikit juga tidak menyimpang. Demikianlah ketetapan Allah Subahaanahu wa Taaala yang Mahaperkasa, Mahamengetahui dengan ilmu- Nya yang meliputi segala makhluk. Serta sudah Kami tetapkan pula jarak- jarak tertentu selaku tempat peredaran untuk bulan, sehingga tiap dikala jarak tersebut hadapi pergantian. Sesampainya ke tempat peredaran yang terakhir, kembalilah dia semacam wujud tandan yang tua. Mula- mula penampakan bulan timbul dalam kondisi kecil serta sinar yang lemah, bergeser jadi bulan sabit dengan cahaya yang cerah, berganti jadi bulan purnama, setelah itu lama- lama kembali mengecil serta kembali ke wujud semula.

    Dzalika Taqdirul Azizil Alim Arab serta Artinya

    Dzalika taqdirul azizil alim ialah penggalan dari pesan Yasin ayat 38. Berikut ini ialah pesan Yasin ayat 38 arab serta artinya

    Latin: Wasy- syamsu tajrii limustaqarril lahaa,żalika taqdiirul- aziizil- aliim( QS. Yasin: 38)

    وَٱلشَّمْسُ تَجْرِى لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَا ۚ ذَٰلِكَ تَقْدِيرُ ٱلْعَزِيزِ ٱلْعَلِيمِ

    Artinya:

    Serta matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengenali.( QS. Yasin: 38) 

    Tafsir Surat Yasin Ayat 38 Menurut Al-Muyassar/Kementerian Agama Saudi Arabia

    38. Tanda lain bagi mereka adalah matahari yang beredar pada orbitnya, Allah Ta'ala telah menetapkannya sehingga ia tidak melampauinya dan tidak menyimpang darinya. Yang demikian itu merupakan pengaturan dari Allah yang Maha Perkasa, yang tidak dikalahkan lagi Maha Mengetahui yang tidak ada sesuatu pun yang samar bagi-Nya.

    Nah itulah yang dapat xschoolpedia bagikan tentang dzalika taqdirul azizil alim yang ternyata merupakan penggalan dari surat Yasin ayat 38. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.

    Terimakasih


    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done