Pentingnya Belajar dalam Perspektif Islam Sebagai Muslim yang baik dan taat, kita harus tahu pentingnya belajar dalam Islam. Islam sendiri a...
xschoolpedia

Pentingnya Belajar dalam Perspektif Islam

Daftar Isi [Tampil]

    Pentingnya Belajar dalam Perspektif Islam


    Seperti apa Pentingnya Belajar dalam Perspektif Islam?

    Sebagai Muslim yang baik dan taat, kita harus tahu pentingnya belajar dalam Islam. Islam sendiri adalah agama yang hadir sebagai pencerahan bagi seluruh umat manusia. Islam mewajibkan pemeluknya untuk menuntut ilmu selama hidup dalam rangka memperluas wawasan dan mengembangkan kualitas hidup.

    Nabi kita juga disuruh Belajar, seperti ayat pertama Al-Qur'an yang diceritakan kepadanya oleh Jibril. "Membaca,dengan menyebut nama Tuhanmu yang telah menciptakan (segala yang ada). Allah kemudian menciptakan sebuah manusia dari segumpal (segumpal darah yang menggumpal). Membacad dan Tuhanmu adalah Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajarkan (menulis) dengan pena.

    Belajar Adalah Hak Semua Umat Manusia

    Belajar adalah hak seluruh umat manusia dan merupakan berkah dari Allah tanpa memandang agama, status sosial, dan jenis kelamin. Setiap Muslim yang hidup berhak untuk belajar dan mencari ilmu sesering mungkin. Nabi kita (damai dan berkah Allah besertanya) pernah menyebutkan tentang hal ini

    Menuntut sebuah ilmu akan mengikat seluruh umat muslim itu sendiri (tanpa sebuah diskriminasi sama sekali antara laki-laki dan perempuan itu sendiri).” (Ibnu Maja)

    Belajar Membantu Kita Mendapatkan Lebih Banyak Berkah dari Allah

    Allah telah menjanjikan lebih banyak berkah bagi orang-orang yang ingin menuntut ilmu dengan belajar. Menyadari manfaat yang kita dapatkan dengan belajar, mengapa kita tidak belajar dan belajar lebih banyak setiap hari, itu tidak akan merugikan kita, bukan? Nabi kita (damai dan berkah Allah besertanya) pernah menceritakan tentang janji Allah bagi pembelajar Muslim dalam hadits di bawah ini.

    Wahai Tuhan! Malaikat-Nya dan semua di surga atau di bumi. Semut di gunung dan ikan di air memohon berkah bagi yang mengajarkan ilmu yang bermanfaat bagi orang lain. (Al-Tirmidzi).

    Seperti apa Pentingnya Belajar dalam Perspektif Islam?

    Gunakan Kemampuan untuk Belajar Selama Kita Hidup

    Pernahkah Anda melihat orang-orang cacat yang mendambakan pengetahuan lebih keras dari Anda? Ambil contoh beberapa penyandang disabilitas yang sukses menorehkan banyak prestasi. Kita sebagai umat Islam khususnya yang dikaruniai bagian tubuh yang lengkap hendaknya menggunakan kemampuan kita semaksimal mungkin agar bisa lebih berkembang.

    Allah telah berfirman dalam Al-Qur'an bahwa kita diberkahi dengan kemampuan yang akan membantu kita menggunakannya saat belajar. Oleh karena itu, kita harus bersyukur dengan memanfaatkan kemampuan kita untuk belajar. Perhatikan sebuah potongan ayat yang ada di bawah ini:

    Allah akan segera mengeluarkan kamu dari kandungan ibu yang mengandungmu ketika kamu tidak mengetahui apa-apa sama sekali, dan Dia memberi kamu pendengaran dan penglihatan agar kamu diberi pahala” (Qur'an, 16:78).

    Belajar Membantu Kita Berbicara Lebih Banyak

    Sangat buruk untuk berbicara omong kosong terlalu banyak. Omong kosong tidak lebih dari sekedar pemikiran yang sia-sia. Kita harus berbicara lebih banyak kebaikan dan hal-hal bermanfaat yang mengandung lebih banyak pengetahuan. Allah membenci mereka yang berbicara lebih banyak tanpa alasan yang masuk akal seperti yang diceritakan dalam ayat di bawah ini.

    Janganlah berani-beraninya mengikuti sama sekali (hai manusia, yaitu jangan engkau katakan sama sekali, atau jangan, atau juga saksikan) apa hal yang tidak kamu ketahui sama sekali tentangnya. Sesungguhnya hal seperti pendengaran, penglihatan ataupun hati masing-masing itu akan ditanya (oleh Allah)” (QS 17:36)”. Itulah ulasan pentingnya Belajar dalam perspektif islam.

    Nah itulah yang dapat xschoolpedia bagikan tentang pentingnya belajar dalam prespektif islam, semoga bermafaat.

    Terimakasih.

    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done