Tahun Baru Islam Tahun Baru Islam- Bulan Muharram ialah tahun baru Islam. Ini jadi tanda- tanda masa yang baru buat umat Islam. Bulan Muhar...
xschoolpedia

Tahun Baru Islam Adalah

Daftar Isi [Tampil]

     Tahun Baru Islam

    tahun baru islam

    Tahun Baru Islam- Bulan Muharram ialah tahun baru Islam. Ini jadi tanda- tanda masa yang baru buat umat Islam.

    Bulan Muharram ialah salah satu bulan yang diistimewakan. Keistimewaan dari bulan Muharram merupakan pada bulan ini seluruh amal shalih yang dicoba hendak dilipat gandakan pahalanya dibanding amalan yang dikerjakan di bulan yang lain. Buat menyongsong tahun baru Islam ini orang muslim berlomba- lomba buat melaksanakan kebaikan serta mendekatkan diri kepada Allah dengan aktivitas puasa sunnah pada bulan Muharram yang diucap dengan puasa Asyura.

    Sejarah tahun baru islam diisyarati dengan kejadian hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Saat sebelum memahami kalender Islam, warga arab memakai peristiwa- peristiwa buat jadi patokan. Ada pula bulan Muharram, jadi bulan awal pada kalender hijriyah. Dinamakan bulan Muharram disebabkan bulan Muharram ini tercantum ke dalam bulan yang diharamkan ataupun dilarang buat melaksanakan peperangan, bulan Muharram ialah bulan yang suci sehingga tidak layak bila menodai bulan yang suci dengan peperangan pada era Nabi Muhammad SAW.

    Dalam suatu hadist, menampilkan kalau bulan Muharram ialah bulan haram bersama 3 bulan yang lain yang mempunyai keistimewaan lebih. Keistimewaan tersebut berbunyi:

    Dalam satu tahun terdapat 12 bulan, di antara lain terdapat 4 bulan haram, 3 bulan secara berentetan merupakan Dzulqa’ dah, Dzulhijjah, Muharam serta Rajabnya Mudhor yang terletak di antara Jumadil serta Sya’ ban".( HR. Bukhori).

    Buat menemukan kemulian dari keistimewaan bulan Muharram ini, umat Muslim melaksanakan puasa pada 9, 10, 11 Muharram.

    Puasa Asyura dipercaya bisa menghapus dosa setahun yang kemudian. Dalam hadits riwayat Muslim, dari Abu Qotadah Angkatan laut(AL) Anshoriy dia mengatakan," Rasulullah SAW ditanya menimpa keutamaan puasa Arafah, dia menanggapi Puasa Arafah hendak menghapus dosa setahun yang kemudian serta setahun yang hendak tiba. Dia pula ditanya menimpa keistimewaan puasa Asyura, Dia menanggapi Puasa Asyura hendak menghapus dosa setahun yang kemudian”.

    Umat Islam mempunyai waktu buat menyongsong tahun baru, tidak cuma dengan perbanyak sholawat serta dzikir, tetapi masih banyak sekali amalan- amalan yang dapat dicoba pada bulan Muharram, semacam ziarah ke makam keluarga, puasa asyura, sedekah sampai memotong kuku. Tetapi di antara segala amalan tersebut, ada amalan yang sangat disarankan ialah puasa sebagaimana Abu Huraira.“ Seseorang tiba menemui Rasulullah SAW, dia bertanya,‘ Sehabis Ramadan, puasa di bulan apa yang sangat utama?’ Nabi menanggapi,‘ Puasa di Bulan Allah, ialah bulan Muharam.’”( HR Ibnu Majah).

    Puasa Asyura merupakan puasa yang dicoba selaku wujud kesyukuran pada tahun baru Islam. Puasa Asyura mempunyai banyak keutamaan hingga dari itu puasa ini sangat disarankan. Hukum melaksanakan puasa Asyura merupakan sunnah muakad ialah sunah yang sangat disarankan. Dengan berpuasa Asyura ini kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, kita bisa meminta supaya dosa- dosa kita diampuni semacam yang dicoba Nabi Muhammad SAW, puasa pula membagikan khasiat pada organ badan kita.

    Dalam hadits riwayat Muslim, dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda," Puasa yang sangat utama sehabis( puasa) Ramadhan merupakan puasa pada bulan Allah- Muharram. Sedangkan salat yang sangat utama sehabis salat harus merupakan salat malam”.

    Dalam perayaan menyongsong tahun baru hijriyah ini juga tidak ajarkan buat mengkhususkan sesuatu doa dalam rangka memeringati tahun baru hijriyah atau membuat acara makan. Sebab penyambutan semacam ini tidak sempat dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Perihal yang butuh digaris besari buat mencirikan perayaan tahun baru hijriyah ini dapat dicoba lumayan dengan hasrat serta beribadah. Sebab sebetulnya dengan bertambahnya waktu, hingga manusia wajib berserah diri terhadap Allah. Sebetulnya hidup di dunia cuma sesaat serta terus menjadi bertambahnya waktu, sepatutnya manusia wajib dapat memakai waktu secara bijak. 

    Nah itulah yang dapat xcshoolpedia bagiakan tentang pengertian tahun baru islam, semoga bermafaat.

    Terimakasih.
    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done