Manusia adalah makhluk yang penuh dosa. Sehingga, sudah seharusnya setiap hamba tahu tata cara shalat taubat. Agar saat pintu hidayah data...
xschoolpedia

Tata Cara Shalat Taubat Lengkap

Daftar Isi [Tampil]

     Manusia adalah makhluk yang penuh dosa. Sehingga, sudah seharusnya setiap hamba tahu tata cara shalat taubat. Agar saat pintu hidayah datang, ia bisa langsung menemui Tuhannya dengan melaksanakan shalat taubat.

    Manusia adalah makhluk yang tidak akan pernah luput dari salah, dosa, dan khilaf. Baik yang kita laksanakan secara terang-terangan ataupun sebaliknya.

    Untuk menebus segala kesalahan, setiap manusia ada baiknya melaksanakan shalat taubat, sebagaimana tata cara shalat taubat yang bukan hanya baik, tapi juga benar.

    Pengertian Shalat Taubat

    tata cara shalat taubat

    Sebagaimana namanya, bahwa shalat taubat ini adalah shalat sunnah yang kita laksanakan untuk menebus segala dosa-dosanya. Shalat yang iisnya adalah harapan mendapatkan ampunan dari Allah. Serta penyesalan atas dosa-dosa.

    Untuk waktu pelaksanaannya tergolong bebas. Di mana, tidak terdapat waktu khusus. Hanya saja, terdapat ulama yang lebih menganjurkan shalat ini Anda lakukan saat masuk ke bulan Ramadhan, dan saat malam hari ketika Anda telah tidur, dan sebelum masuk waktu shubuh.

    Landasan Pelaksanaan Shalat Taubat

    Sebelum membahas tata cara shalat taubatnya, akan lebih baik jika Anda mengetahui landasan pelaksanaan shalat taubat ini. Karena yang namanya beribadah, memang harus berlandaskan dengan al-Quran dan hadis kan?

    Di mana, landasan pelaksanaan shalat taubat ini berdasarkan hadis Rasulullah. Yang diriwayatkan oleh sahabat beliau, yakni Abu Bakr al-Shiddiqi. Abu Bakr berkata, bahwa Rasulullah bersabda,

    مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ ثُمَّ يُصَلِّى ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاَّ غَفَرَ لَهُ

    Jika ada di antara kamu yang melakukan dosa, maka ia menyempurnakan wudhunya, lalu melaksanakan shalat 2 rakaat, lalu ia beristighfar, memohon ampunan kepada Allah, maka pasti akan diampunkan oleh Allah.

    Hadits ini terdapat dalam kitab hadis karya Imam Ahmad nomor 48, Tirmidzi nomor 408, dan Abu Dawud, nomor 1523. Syaikh al-Albani menilai hadits ini shahih.

    Adapun hadis versi lengkapnya adalah,

    مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا، ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّر – وفي رواية: فيحسن الوضوء – ، ثُمَّ يُصَلِّى – وفي رواية: ركعتين –، ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّه؛َ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ»، ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الآيَةَ {وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

    Jika ada di antara kamu yang melakukan dosa, maka ia menyempurnakan whuudnya, lalu melaksanakan shalat 2 rakaat, lalu ia beristighfar, memohon ampunan kepada Allah, maka pasti akan terampuni oleh Allah.

    Setelah mengatakan hal tersebut, Rasulullah lantas membaca firman Allah yang artinya, "Dan orang yang jika melakukan perbuatan yang keji ataupun menganiaya tubuhnya sendiri, mereka mengingat Allah,

    kemudian meminta ampunannya akan segala dosa-dosa yang telah dilakukannya, maka siapa yang dapat memberikan ampunan selain Allah? Dan mereka tidak melakukan perbuatan dosa itu lagi, sedang mereka mengetahui. QS. Ali Imran ayat 135.

    Faedah Melaksanakan Shalat Taubat

    Dengan melaksanakan shalat taubat, ada banyak faedah yang akan Anda dapatkan. Asal, ketika menerapkan tata cara shalat taubat Anda lakukan dengan ikhlas dan semata-mata memang hanya untuk mendapatkan ridha Nya saja, bukan yang lain.

    Dari hadis di atas, kita bisa melihat betapa maha pemurah Nya Allah yang memberikan ampunan dan kesempatan bertaubat kepada setiap hamba Nya. Nah, berikut adalah beberapa faedah melaksanakan shalat taubat berdasarkan hadis.

    Mendapat Kasih Sayang Nya

    Allah adalah Sang Maha Pengasih dan Penyayang dari segala apapun. Tak peduli seberapa dosa kita, rahmat Nya akan tetap kita dapat.

    Kita akan senantiasa mendapatkan kebajikan. Maka, jika ketika berbuat maksiat saja Allah masih tunjukkan kasih sayangnya, bagaimana jika kita melakukan shalat taubat dan bertaubat dengan yang sesungguhnya? Tentu Allah akan menambahkan kasih sayang dan rahmat Nya kepada kita.

    Mendapat Jaminan Terampuni Dosanya

    Ampunan Allah itu Maha Luas, sama seperti kasih sayangnya. Maka, sebesar apapun dosa kita, jika kita benar-benar ingin bertaubat secara benar, maka Allah pasti akan tunjukkan jalan Nya dan memberikan ampunan tersebut untuk kita.

    Kewajiban Bertaqwa

    Kemudian, hadis tersebut juga menunjukkan, bahwa seorang muslim meski senantiasa bertaqwa kepada Allah. Senantiasa merasa, bahwa ia tengah berada dalam penjagaan dan pengawasan Allah. Sehingga kan merasa takut ketika akan melaksanakan maksiat.

    Dan jika akhirnya berbuat dosa meski segera bertaubat, kembali kepada Nya. Allah berjanji dalam Quran surah al-nisa ayat 17.

    Yang artinya, Sesungguhnya, taubat di sisi Allah hanyalah untuk orang yang melakukan kejahatan karena kejahilan. Yang kemudian bertaubat dengan sesegera mungkin, maka mereka akan mendapat imbalan dari Allah taubatnya.

    Tata Cara Shalat Taubat

    Adapun tata cara shalat taubat adalah:

    1. Niat

    Apapun ibadah dan aktivitasnya, kita meski berniat terlebih dahulu. Karena niat ini akan menjadi penentu amal ke depan.

    Bahkan, setiap orang akan mendapatkan imbalan atau balasan sesuai dengan niatnya. Nah, jika ingin melaksanakan shalat taubat, tata cara shalat taubat yang pertama adalah dengan melaksanakan niat.

    Anda mesti bisa menjaga niat. Pastikan bahwa niat tersebut murni hanya untuk mengharapkan ridha Nya. Untuk membaca niat ini ada 2 pendapat ya.

    Ada yang mengatakan meski dilisankan atau diucapkan, dan ada pula yang cukup dalam hati saja. Jika ingin dilisankan, maka Anda bisa membaca niat dengan ushalli sunnatal taubati rak'ataini lillahi ta'ala, Yang artinya adalah, aku niat shalat taubat, 2 rakaat hanya karena Allah.

    2.Takbiratul ihram

    3.Membaca doa iftitah (ini sunnah ya). Alangkah baiknya jika Anda Baca.

    4.al-Fatihah.

    5.Baca surat dan ayat berapapun yang ada dalam al-Quran, bebas surah apapun.

    6.Rukuk

    7.I'tidal

    8.sujud

    9.Duduk di antara dua sujud

    lakukan yang kedua kalinya.

    10.duduk sejenak, dan lanjutkan untuk rakaat yang kedua.

    Jadi, jika Anda perhatikan, tata cara shalat taubat ini sama halnya seperti tata cara shalat yang lain. Yang mana, dimulai dengan niat, takbiratul ihram, hingga ditutup dengan salam.

    Usai melaksanakan tata cara shalat taubat di atas, dianjurkan untuk terus beristighfar, dan memperbanyaknya. Hal ini untuk memohon ampunan dari Nya. Bacalah istighfar dengan khusyu dan berharap akan diampun oleh Allah.

    Jika setelah melakukan shalat taubat, lalu beberapa hari atau bulan kemudian melaksanakan maksiat lagi, apakah taubatnya akan terus diampuni? Mungkin ada yang bertanya demikian. Maka jawabannya adalah, insyaAllah mendapat ampunan dari Allah.

    Namun, ketika taubat Anda sudah taubatan nasuha, tentu Anda sudah berjanji dan bertekad tidak akan melakukannya lagi.

    Namun jika memang pada akhirnya mengulangi dosa tersebut, tetaplah bertaubat, tetap berusaha menjadi orang baik, dan teruslah memperbaiki diri seraya memperbanyak istighfar. Karena sejatinya, Ampunan Allah Maha Luas. Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak bertaubat.

    Demikian tata cara shalat taubat yang bisa Anda praktekkan di rumah. Semoga bermanfaat.

    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done