Allahumma Antassalam Allahumma antassalam ialah potongan bacaan zikir yang dibaca sesudah sholat. Do'a adalah beribadah dan do'a seb...
xschoolpedia

Allahumma Antassalam Artinya

Daftar Isi [Tampil]

    Allahumma Antassalam

    Allahumma antassalam ialah potongan bacaan zikir yang dibaca sesudah sholat. Do'a adalah beribadah dan do'a sebagai wujud usaha untuk minta petunjuk dan bantuan dari Allah.

    Zikir atau dzikr menurut bahasa artinya ingat, dan zikir menurut istilah ialah sebuah aktivitas untuk ingat Allah bermaksud untuk mendekatkan kepada-Nya.

    Do'a dan zikir sesudah sholat benar-benar disarankan, karena do'a dan zikir sebagai fasilitas agar semakin dekatkan diri pada Allah SWT. Oleh karena itu, sebagai muslim yang patuh kita jangan lupa selalu untuk berdo'a dan berzikir.

    Lalu allahumma antassalam artinya apa? Berikut saya akan menerangkan dan tulisan arabnya.

    Allahumma Antassalam Tulisan Arab dan Artinya

    Allahumma Antassalam

    Allahumma antassalam sebagai potongan dari bacaan zikir. Yang bacaan aslinya ialah allahumma antassalam wa minkas salam tabarakta ya dzaljalali wal ikram. Allahuma antassalam arab dan artinya sebagi berikut,

    اَللّهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَاذَاْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

    Latin : Allahumma antassalam wa minkas salam tabarakta ya dzaljalli wal ikram.

    Artinya : 

     Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelek-helekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan kerusaman) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Zat Yang Maha Agung dan Maha baik.(HR. Muslim)

    Dan jika dipakai sabagai Do'a Selamat adalah sebagai berikut

    اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْ خِلْنَ الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَرَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَا لَيْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ

    Latin : Allahumma antas-salam wa minkas-salam wa ilaika ya'udus-salam fa hayyina rabbana bis-salam wa adkhilna-jannata daras-salam tabarakta rabbana wa ta'alaita ya dzal-jalali wal-ikram

    Artinya :

     Ya Allah, Engkau adalah Zat yang mempunyai kesejahteraan dan dari-Mu kesejahteraan itu kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

    Dari pemahaman di atas, intinya sama, kekeduanya sebagai bacaan zikir sesudah sholat. Dan bisa diambil kesimpulan bila "Allahumma antassalam ialah potongan dari bacaan zikir atau juga bisa potongan dari do'a selamat. Itu keterangan dari Allahumma antassalam wa minkas salam yang bisa saya terangkan. Mudah-mudahan berguna.

    Terimakasih

    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done