Allamal Insana Malam Ya'lam Allama insana malam ya'lam merupakan ayat ke-5 dari surat Al-Alaq. Lebih tepatnya ialah, " 'All...
xschoolpedia

Allamal Insana Ma lam Ya'lam, Ayat Ke-5 Dari Surat Al-Alaq, Arab, Latin Serta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

    Allamal Insana Malam Ya'lam

    Allama insana malam ya'lam merupakan ayat ke-5 dari surat Al-Alaq. Lebih tepatnya ialah, " 'Allamal-insaana maa lam ya'lam".

    Sedikit keterangan mengenai surat Al-'Alaq, surat Al-'Alaq sebagai surat Makkiyah atau surat yang di turunkan saat sebelum Rasulullah SAW pindah ke Madinah. Surat Al-'Alaq ialah surat ke 96 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 19 ayat persisnya pada Juz 30. Ayat 1 sampai 5 dari surat ini ialah ayat-ayat Al-Qur'an yang pertama kalinya di turunkan, yakni di saat Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam bertafakur di gua Hira. Diberi nama Al-'Alaq yang dengan bahasa arab memiliki makna segumpal darah, diambil dari pengucapan Alaq yang ada pada ayat 2 surat ini. Surat ini dinamakan dengan Iqra' atau Al-Qalam.

    allamal insana malam ya'lam

    Allamal Insana Ma lam Ya'lam, Ayat Ke-5 Dari Surat Al-Alaq, Arab, Latin Serta Artinya

    Surat Al-'Alaq menjelaskan jika Allah membuat manusia dari benda yang nista selanjutnya memuliakannya dengan mengajarkan membaca, menulis dan memberinya pengetahuan. Tapi manusia tak ingat kembali akan aslinya, karenanya ia tidak mensyukuri nikmat Allah itu, bahkan juga ia melakukan tindakan melebihi batasan karena menyaksikan dianya sudah berasa serba cukup.

    Surat Al-'Alaq ialah surat yang pertama kalinya turun ke Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Surat ini turun pada awal mula kenabian saat Beliau tidak ketahui apakah itu kitab dan apakah itu iman, lalu Malaikat Jibril tiba ke Beliau bawa wahyu dan memerintah Beliau membaca, dia berbicara, "Baca". Dengan kaget Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, "Saya tidak bisa membaca." Beliau lalu direngkuh oleh Malaikat Jibril sampai rasakan kelelahan, lalu dilepaskan sekalian diminta membacanya satu kali lagi, "Baca." Tapi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam tetap menjawab, "Saya tidak bisa membaca." Demikianlah kondisi berulang-ulang sampai 3x, dan pada ke-3 kalinya Jibril berbicara padanya, "Baca dengan (menyebutkan) nama Tuhanmu yang membuat--Dia sudah membuat manusia dari segumpal darah--Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah--Yang mengajarkan manusia dengan pertara kalam--Dia mengajarkan ke manusia apa yang tidak dijumpainya. (Terjemahan Surat Al-'Alaq ayat 1-5) Yaitu yang membuat semua makhluk. Pada ayat seterusnya disebut secara eksklusif manusia dari demikian ciptaan-Nya.

    Surat Al-Alaq ayat 5 memiliki makna, "Ia mengajari ke manusia apa yang tidak dijumpainya." Hal tersebut karena manusia dikeluarkan-Nya dari perut ibunya pada kondisi tidak paham apapun, lalu Ia jadikan buatnya pendengaran, pandangan dan hati dan memudahlan penyebab pengetahuan padanya. Ia mengajari padanya Al-Qur'an, mengajari padanya makna dan mengajari padanya dengan mediator pena, di mana dengannya terbangun beberapa ilmu. Karena itu semua puji untuk Allah yang sudah mengaruniakan nikmat-nikmat itu yang tidak bisa mereka balas karena jumlahnya.

    Seterusnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengaruniakan ke mereka kekayaan dan keluasan rejeki, namun manusia karena ketidaktahuan dan kezalimannya saat berasa dianya sudah cukup, dia justru melakukan tindakan melebihi batasan dan melakukan perbuatan zalim dan berlaku tinggi hati pada kebenaran sama seperti yang dijelaskan dalam ayat seterusnya. Dia lupa, jika tempat kembalinya ialah ke Tuhannya, dan tidak takut ke pembalasan yang hendak diberi padanya, bahkan juga kondisiya sampai tinggalkan panduan dengan kemauannya sendiri dan ajak manusia untuk wafatkannya, dan sampai larang seseorang jalankan shalat yang disebut amal paling penting.

    Allamal Insana Malam Ya'lam Arab dan Artinya

    Allama insana malam ya'lam sebagai ayat ke-5 dari surat Al-Alaq. Berikut sebagai surat Al-Alaq ayat 5 Arab dan Artinya

    عَلَّمَ ٱلْإِنسَٰنَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

    Latin : 'Allamal-insaana maa lam ya'lam (QS. Al-Alaq:5)

    Artinya :

    Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
    Tafsir Surat Al-Alaq Ayat 5 Menurut Al-Muyassar/Kementerian Agama Saudi Arabia

    5. Mengajari manusia apa-apa yang sebelumnya tidak diketahuinya.

    Itulah yang dapat xschoolpedia bagikan tentang allamal insana malam ya'lam yang ternyata merupakan ayat kelima dari surat Al-Alaq. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.

    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done