An Nasr Penjelasan dan Arti Surah An Nasr - Surah Nasr (110) adalah Surah Madni dan diturunkan selama Haji Perpisahan. Surah ini disebut Sur...
xschoolpedia

Arti Surat An Nasr

Daftar Isi [Tampil]

    An Nasr

    Penjelasan dan Arti Surah An Nasr - Surah Nasr (110) adalah Surah Madni dan diturunkan selama Haji Perpisahan. Surah ini disebut Surah Perpisahan karena segera setelah ini Nabi (ﷺ) wafat. Disebut juga Surah Fateh, yang tidak boleh disamakan dengan Surah Fath (48).

    Karena Surah An Nasr yang disebutkan di sini mengacu pada Penaklukan Mekah, ketika kota Mekah dikembalikan ke tangan kaum Muslim. Ini adalah tiga ayat, sembilan belas kata panjangnya, dan ketiga ayat ini diwahyukan bersama-sama, menjadikannya surah lengkap terakhir yang diturunkan seluruhnya.

    An nasr artinya:

    An Nasr Artinya


    Surah An-Nasr adalah Surah Al Madaniyah karena diturunkan di kota Madinah. Surah ini sendiri terdiri dari 3 buah ayat dan merupakan surah ke-110 yang terdapat dalam kitab Al-Qur'an. Surat An-Nasr artinya "Tolong". Isi surat ini berkaitan dengan perjuangan Nabi Muhammad dalam penaklukan Mekkah.

    Menurut "Tafsir al-Misbah", ada pendapat bahwa surat ini turun setelah Pertempuran Khaibar pada 629 M/8 hijriyah. Perang ini terjadi antara Muslim dan Yahudi yang tinggal di Khaybar. Ada yang berpendapat, surat ini turun sebelum wafatnya Nabi Muhammad SAW sekitar 3-4 bulan sebelumnya.

    Sementara itu, ada juga yang mengatakan bahwa surat ini diturunkan pada saat Haji Wada (Haji Perpisahan). Surat An-Nasr kemudian menjadi surat terakhir yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW setelah beberapa bulan sebelum baginda Nabi wafat.

    Bacaan dan An-nasr artinya adalah:

    بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

    اِذَا جَاۤءَ نَصْرُ اللّٰهِ وَالْفَتْحُۙ - ١

    Artinya: Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,

    وَرَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَاجًاۙ - ٢

    Artinya: dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah,

    فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُۗ اِنَّهٗ كَانَ تَوَّابًا ࣖ - ٣

    Artinya: maka bertasbihlah dalam dengan Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima tobat.

    Ketika kemenangan Allah Telah Datang dan Penaklukan

    Kata Itha menghilangkan semua keraguan yang mengikuti kalimat itu, bahwa ini benar-benar tanpa keraguan. Bagi yang meyakini bahwa surah ini diturunkan sebelum Penaklukan, maka Itha mengacu pada kepastian bahwa orang yang beriman akan mendapat kemenangan. Bahwa peristiwa yang tak terhindarkan ini akan menjadi kemenangan besar, peristiwa besar dalam Islam. 

    Apa Saja Penjelasan dan Arti Surah An Nasr 

    Bantuan besar datang ketika Allah memberikan orang-orang beriman kekuatan, otoritas dan kemenangan atas orang-orang kafir atau musuh. Bentuk terbesar dari Nasr yang diberikan kepada Nabi , yang unik hanya untuknya, dan belum pernah terjadi pada nabi mana pun sebelum dia, adalah bahwa dia diberi kemenangan atas musuh dan bahwa Allah menempatkan rasa takut di hati musuh.

    Ini adalah nasr terbesar yang Dia berikan kepada Rasul , dan ini di Ghazwa Tabuk untuk melawan Romawi. Sebelum Nabi meninggalkan Madinah untuk perjalanan, orang-orang Romawi memiliki begitu banyak ketakutan di hati mereka sehingga mereka tidak muncul di medan perang. Kaum Muslim menyatakan kemenangan dan kembali ke Madinah. Nasr ini datang dengan takdir itu sendiri.

    Tapi takdir tidak selalu datang dengan nasr. Orang-orang mukmin terkadang hanya mendapatkan nasr saja, seperti dalam perang Badar, mereka hanya menang dalam hal itu tetapi tidak mendapatkan penaklukan. Dan terkadang Allah memberikan takdir kepada orang-orang beriman tetapi tidak ada nasr , seperti ketika orang-orang Yahudi, Bani Nazeer diusir dari Madinah tanpa pertempuran apapun.

    Untuk Penaklukan Makkah, Allah subhanahu wa ta'ala menganugerahkan nasr dan takdir kepada orang-orang beriman . Kemenangannya adalah melawan Quraisy, dan penaklukannya adalah Mekah. Allah mengembalikan tanah itu kembali ke tangan orang-orang beriman, dan ini merupakan suatu kehormatan dari Allah kepada Rasul dan orang-orang beriman.

    Karena Makkah pada dasarnya adalah tempat lahirnya Al-Islam. Sejak awal Nabi muncul, pesannya adalah mengembalikan Ka'bah kembali ke tauhid. Selama dua puluh tahun kehidupan Nabi, ini adalah misi Islam, dan ini dibuktikan dengan fakta bahwa setelah Penaklukan Mekah, Nabi kembali kepada Allah.Fateh juga mengacu pada kemenangan setelah penaklukan Mekah.

    Bahkan setelah kematian Nabi. Dengan kata lain, takdir terutama mengacu pada takdir Mekah tetapi juga mengacu pada penaklukan setelahnya, seperti dalam kehidupan Abu Bakar dan Umer. Kemenangan itu datang, tapi berapa lama nabi dan para sahabat menunggu kemenangan ini. 

    Seperti Apa Penjelasan dan Arti Surah An Nasr 

    “Apakah semua manusia telah mengira bahwa mereka akan dibiarkan mengatakan, “Kami telah beriman” dan mereka semua tidak akan diadili? Namun sesungguhnya Kami telah menguji semua orang-orang sebelum mereka, dan kemudian sesungguhnya Allah akan membuktikan orang-orang yang benar, dan sungguh Dia akan membuktikan orang-orang yang pendusta.” (29:2-3)

    “Atau apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga tanpa (cobaan) seperti yang dialami orang-orang yang telah meninggal sebelum kamu? Mereka menderita kemiskinan yang parah dan penyakit dan sangat terguncang sehingga bahkan Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, "Kapan (akan datang) Pertolongan Allah?" Ya! Sesungguhnya Pertolongan Allah itu dekat!” (2:214)

    Ada tiga hal yang perlu hadir untuk kemenangan orang percaya. Jika hal-hal ini berkumpul pada satu waktu, kemenangan sudah dekat. Itu adalah perang, kelaparan, dan goncangan iman. Semua ini terjadi dalam kehidupan Nabi , ketika orang-orang beriman menghadapi perang seperti Badar, Uhad, Tabuk. Mereka juga mengalami kelaparan, kelaparan, kemiskinan, dan juga terjadi gempa bumi.

    Gempa ini mengacu pada goncangan iman, ujian yang menggoyahkan keyakinan orang beriman. “Ketika orang-orang datang kepadamu dari atasmu dan juga dari bawahmu juga, dan ketika mata menjadi liar dan hati sampai ke tenggorokan, maka dari itu semua kamu akan menyembunyikan keraguan tentang Allah.” (33:10). Ketika ujian ini menimpa orang-orang beriman, terungkaplah orang-orang munafik.

    Yang mengatakan kepada yang lain bahwa orang-orang beriman telah dikhianati dan ditipu oleh Nabi . Mereka membuat alasan untuk melarikan diri dari pertempuran, menyatakan bahwa anak-anak dan wanita sendirian di rumah. Ketika ketiga hal ini terjadi, maka kemenangan pun datang. Demikian pula, bahkan hari ini jika kita melihat ketiga hal ini terjadi secara bersamaan.

    Maka dari itu kita harus memahami bahwa kemenangan Allah sudah dekat. Surah ini terdiri dari dua perintah, dan dua pesan. Perintahnya adalah tasbih dan minta ampun, sedangkan pesannya adalah bahwa kemenangan Allah akan terus bagi orang-orang yang beriman selama orang-orang yang beriman terus melakukan tasbih dan istaghfar Allah dengan benar, karena mereka dari rasa syukur kepada Allah.

    Tasbih yang tepat mengacu pada implementasi yang tepat dari din. Pesan kedua dari surah itu adalah bahwa kematian Nabi sudah dekat. Itulah ulasan tentang penjelasan dan arti Surah An Nasr yang perlu Anda ketahui.

    Sekian yang dapat xschoolpedia bagikan tentang arti surat an nasr ,kalau ada salah kata atau kurang mohon di maafkan. Semoga bermafaat.

    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done