La Tusyrik Billah La tusyrik billah sebagai bagian dari ayat ke-13 dari surat Luqman. Lebih lengkapnya ialah, "Wa iż qaala luqmaanu lib...
xschoolpedia

Arti Laa Tusyrik Billah

Daftar Isi [Tampil]

    La Tusyrik Billah

    La tusyrik billah sebagai bagian dari ayat ke-13 dari surat Luqman. Lebih lengkapnya ialah, "Wa iż qaala luqmaanu libnihii wa huwa ya'izuhu yaa bunayya laa tusyrik billaah, innasy-syirka lazulmun 'aziim". Sedikit keterangan mengenai surat Luqman, surat Luqman sebagai surat Makkiyah atau surat yang di turunkan di Mekkah saat sebelum Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pindah ke Madinah. Surat Luqman ialah surat ke-31 dalam Al-Qur'an dan terdiri dari 34 ayat, persisnya pada Juz 21. Surat Luqman di turunkan sesudah surat As-Saffat. Diberi nama Luqman karena diambil dari cerita Luqman yang dikisahkan dalam surat ini mengenai bagaimana dia mendidik anaknya.

    La Tusyrik Billah Artinya

    La Tusyrik Billah Artinya


    Surat Luqman ayat 13 mengulas mengenai Luqman saat dia berbicara ke anaknya, di saat dia memberikan pelajaran padanya, atau ia menjelaskan pengucapan padanya yang dengannya ia memberi tahunya. Saran ialah perintah dan larangan yang dibarengi dengan targib dan tarhib. Ia memerintah padanya untuk tulus (bertauhid) dan melarang melakukan perbuatan syirik, dan ia mengatakan penyebabnya sambil berbicara, "sebenarnya mempersekutukan ialah betul-betul kezhaliman yang besar,"

    Segi kehadiran syirik sebagai kezhalimam yang besar sekali ialah karena sebenarnya tidak ada yang lebih bengis dan tambah jelek dibanding orang yang menyamai makhluk yang terbentuk dari tanah dengan (Allah) pemilik semua kasus, menyamai manusia yang kurang kuat kembali fakir dadi semua seginya dengan Rabb Yang Mahasempurna kembali Mahakaya dari semua sisi-Nya, dan menyamai orang yang tidak dapat memberinya anugerah sebesar biji sawi juga dengan Tuhan yang tidak ada satu nikmat yang ada di manusia dalam soal, agama, dunia, akhirat, hati dan jasad tetapi tentu berasal dari-Nya, dan tidak bisa hilangkan terburukan terkecuali Ia.

    Adakah suatu hal yang semakin besar daripada ini? Dan adakah orang yang semakin besar kezhalimannya dibanding orang yang dibuat Allah Subhaanahu wa Ta'aala agar melaksanakan ibadah kepada-Nya dan mengagumkan-Nya, lalu dia pergi dengan jiwanya yang mulia itu, selanjutnya meletakkannya pada martabat yang terendah dan menjadikan sebagai penyembah suatu hal yang serupa sekali menyaingi apapun. Oleh karenanya, ia betul-betul sudah menzhalimi dianya dengan kezhaliman yang besar sekali.

    La Tusyrik Billah Arab dan Artinya

    La tusyrik billah sebagai bagian dari ayat ke-13 dari surat Luqman. Berikut sebagai surat Luqman ayat 13 arab dan artinya

    وَإِذْ قَالَ لُقْمَٰنُ لِٱبْنِهِۦ وَهُوَ يَعِظُهُۥ يَٰبُنَىَّ لَا تُشْرِكْ بِٱللَّهِ ۖ إِنَّ ٱلشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ


    Latin : Wa iż qaala luqmaanu libnihii wa huwa ya'izuhu yaa bunayya laa tusyrik billaah, innasy-syirka lazulmun 'aziim (QS. Luqman:13)

    Artinya :

    Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya, "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar". (QS. Luqman:13)

    Tafsir Surat Luqman Ayat 13 Menurut Al-Muyassar/Kementerian Agama Saudi Arabia

    13. Ingatlah (wahai Rasul) nasihat Luqman kepada putranya saat dia menasihatinya, "wahai anakku, janganlah mempersekutukan sesuatu dengan Allah, karena dengan itu kamu manzhalimi dirimu, sesungguhnya syirik benar-benar perbuatan dosa yang paling besar dan paling buruk."

    Itulah penjelasan tentang la tusyrik billah yang ternyata merupakan penggalan dari surat Luqman ayat 13. Sekian penjelasan kali, semoga bermanfaat.

     

     

    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done