Qul In Kuntum Tuhibbunallaha Qul in kuntum tuhibbunallaha sebagai bagian dari surat Ali 'Imran ayat 31. Lebih jelasnya ialah, "Qul ...
xschoolpedia

Qul In Kuntum Tuhibbunallaha Artinya

Daftar Isi [Tampil]

    Qul In Kuntum Tuhibbunallaha

    Qul in kuntum tuhibbunallaha sebagai bagian dari surat Ali 'Imran ayat 31. Lebih jelasnya ialah, "Qul ing kuntum tuhibbunallaaha fattabi'unii yuhbibkumullaahu wa yagfir lakum żunubakum, wallaahu gafurur rahiim".

    Sedikit keterangan mengenai surat Ali 'Imran, surat Ali 'Imran sebagai surat Madaniyah (ayat-ayat Al-Qur'an yang di turunkan ke Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam di kota Madinah sesudah kejadian pindah). Surat Ali 'Imran terbagi dalam 200 ayat pada Juz 3 (ayat 1-91) dan Juz 4 (ayat 92-200).

    Qul In Kuntum Tuhibbunallaha Artinya

    Arti Qul In Kuntum Tuhibbunallaha

    Diberi nama Ali 'Imran karena berisi cerita keluarga Imran yang dalam cerita itu disebut kelahiran Nabi Isa, kesamaan peristiwanya dengan Nabi Adam, kenabian dan beberapa mukjizatnya, dan disebut juga kelahiran Maryam binti Imran. Surat Al-Baqarah dan surat Ali 'Imran ini diberi nama Az-Zahrawan (Dua Yang Berkilau), karena ke-2 surat ini membuka beberapa hal yang menurut Al-Qur'an diselinapkan oleh beberapa Pakar Kitab, seperti peristiwa kelahiran Nabi Isa dan kehadiran Nabi Muhammad. Pada ayat 7 ada info mengenai "Dasar Langkah Pahami isi Al-Kitab."

    Surat Ali 'Imran ayat 31 turun terkait dengan beberapa orang yang menyembah berhala, saat mereka menjelaskan "Kami tidak menyembah berhala terkecuali karena cinta ke Allah, supaya mereka (berhala-berhala) itu dekatkan kami kepada-Nya", karena itu Allah Subhaanahu wa Ta'aala memerintah Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam menjelaskan ke mereka apa yang disebut sebelumnya, yaitu perintah ikuti Beliau; dengan mentauhidkan Allah (cuman melaksanakan ibadah ke Allah Subhaanahu wa Ta'aala) dan tinggalkan sesembahan selainnya Allah.

    Ayat ini sebagai hakim untuk tiap-tiap orang yang mengaku cinta ke Allah Subhaanahu wa Ta'aala tetapi tidak mengiku Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, tidak mematuhi perintahnya dan tidak menjauhi dari larangannya, jika pernyataan cintanya ialah dusta sampai ia ikuti Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Dengan ayat ini ditimbang semua makhluk, iman dan kesayangan mereka ke Allah Subhaanahu wa Ta'aala bergantung seberapa jauh ittiba' (ikutinya) mereka ke Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Jika Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah menyukaimu, karena itu Ia akan memberinya balasan untukmu.

    Qul In Kuntum Tuhibbunallaha Arab dan Artinya

    Qul in kuntum tuhibbunallaha sebagai bagian dari surat Ali 'Imran ayat 31. Berikut sebagai surat Ali 'Imran ayat 31 arab dan artinya


    قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِى يُحْبِبْكُمُ ٱللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

    Latin : Qul ing kuntum tuhibbunallaaha fattabi'unii yuhbibkumullaahu wa yagfir lakum żunubakum, wallaahu gafurur rahiim (QS. Ali 'Imran:31)

    Artinya :

    Katakanlah : "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Ali 'Imran:31)

    Tafsir Surat Ali 'Imran Ayat 31 Menurut Al-Muyassar/Kementerian Agama Saudi Arabia

    31. Katakanlah (wahai rasul), "bila kalian mencintai Allah dengan sebenar-benarnya, maka ikutilah aku, dan berimanlah kepadaku secara lahir dan batin, niscaya Allah akan mencintai kalian, dan akan menghapus dosa-dosa kalian. Sesungguhnya Dia Maha Pengampun terhadap dosa-dosa hamba-hamba-Nya yang beriman lagi Maha Penyayang kepada mereka." Ayat mulia ini merupakan pemberi keputusan yang menentukan atas siapa saja yang mengaku dirinya mencintai Allah. Namun tidak mengikuti nabi-Nya, Muhammad dengan sebenar-benarnya, dengan menaati dalam perintah dan larangannya, maka sesungguhnya dia adalah seorang pendusta dalam pengakuannya itu sampai dia mau mengikuti Rasulullah dengan sebenar-benarnya.

    Itulah yang dapat xschoolpedia bagikan tentang qul in kuntum tuhibbunallaha yang ternyata merupakan penggalan surat Ali 'Imran ayat 31. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.

    Terimakasih



    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done