Wallahu Ya'lamu Wa Antum La Ta'lamun Wallahu ya'lamu wa antum la ta'lamun sebagai bagian dari surat Al-Baqarah ayat 216. Leb...
xschoolpedia

Wallahu Ya'lamu Wa Antum La Ta'lamun Artinya

Daftar Isi [Tampil]

    Wallahu Ya'lamu Wa Antum La Ta'lamun

    Wallahu ya'lamu wa antum la ta'lamun sebagai bagian dari surat Al-Baqarah ayat 216. Lebih jelasnya ialah, "Kutiba 'alaikumul-qitaalu wa huwa kur-hul lakum, wa 'asaa an takrahu syai`aw wa huwa khairul lakum, wa 'asaa an tuhibbu syai`aw wa huwa syarrul lakum, wallaahu ya'lamu wa antum laa ta'lamun".

    Sedikit penjelasan mengenai surat Al-Baqarah, surat Al-Baqarah sebagai surat Madaniyah atau surat yang di turunkan sesudah Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam pindah ke Madinah. Surat Al-Baqarah ialah surat ke dua dalam Al-Qur'an. Terdiri dari 286 ayat, persisnya pada Juz 1 (ayat 1-141), Juz 2 (ayat 142-252), Juz 3 (253-286). Diberi nama Al-Baqarah yang maknanya Sapi Betina karena dalam surat ini ada cerita pemotongan sapi betina yang diperintah Allah Subhaanahu wa Ta'aala ke Bani Israil (ayat 67-74).

    Wallahu Ya'lamu Wa Antum La Ta'lamun Artinya

    Wallahu Ya'lamu Wa Antum La Ta'lamun

    Selainnya diuji dengan kemiskinan dan kemelaratan, beberapa orang memiliki iman akan diuji dengan disuruh mempertaruhkan jiwa mereka lewat kewajiban perang. Diharuskan atas kamu berperang menantang beberapa orang kafir yang melawan kamu, walau sebenarnya berperang itu tidak membahagiakan buatmu, karena dia mempertaruhkan harta benda dan jiwa. Tapi bisa sehingga kamu tidak menyukai suatu hal, yaitu bisa sehingga kamu tidak menyenangi peperangan, walau sebenarnya itu baik buatmu karena kamu mendapatkan kemenangannya pada beberapa orang kafir atau masuk surga bila terbunuh atau kalah dalam peperangan, dan bisa sehingga kamu menyenangi suatu hal, walau sebenarnya itu tidak bagus buatmu. Allah Subhaanahu wa Ta'aala ketahui apa yang bagus buatmu, sedang kamu tidak ketahui. Karenanya, tunaikanlah perintah Allah yang jelas akan bawa kabaikan buatmu.

    Ayat ini turun saat tentara Islam yang dipegang oleh Abdulla'h bin Jahsy berperang menantang beberapa orang kafir di permulaan bulan rajab, satu dari 4 bulan haram. Mereka lalu menanyakan padamu, wahai Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, mengenai bisa tidaknya berperang dalam bulan itu ialah dosa besar. Tapi, ada yang semakin besar kembali dosanya, yakni merintangi orang memiliki iman dari jalan Allah, yaitu melakukan perintah-Nya, ingkar kepada-Nya, merintangi orang masuk masjidilharam, dan menyingkirkan warga dari sekelilingnya. Itu semua semakin besar dosanya dalam penglihatan Allah Subhaanahu wa Ta'aala. Dan fitnah, yakni kemusyirikan, itu lebih kejam dibanding pembunuhan dalam peperangan.

    Mereka tidak berhenti melawan kamu sampai kamu murtad keluar agamamu, bila mereka mampu mengeluarkanmu dari agamamu. Jangan sampai sesekali kamu murtad dari agamamu meskipun mereka tidak berhenti memerangimu, karena siapa saja murtad antara kamu dari agamanya, yaitu keluar Islam, lalu ia mati dalam kekafiran, karena itu mereka itu percuma amalnya di dunia dan di akhirat. Tidak ada pahala untuk amalnya, dan mereka itu penghuni neraka,mereka abadi didalamnya.

    Wallahu Ya'lamu Wa Antum La Ta'lamun Arab dan Artinya

    Wallahu ya'lamu wa antum la ta'lamun sebagai bagian dari surat Al-Baqarah ayat 216. Berikut sebagai surat Al-Baqarah ayat 216 arab dan artinya

    كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تَكْرَهُوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تُحِبُّوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

    Latin : Kutiba 'alaikumul-qitaalu wa huwa kur-hul lakum, wa 'asaa an takrahu syai`aw wa huwa khairul lakum, wa 'asaa an tuhibbu syai`aw wa huwa syarrul lakum, wallaahu ya'lamu wa antum laa ta'lamun (QS. Al-Baqarah:216)

    Artinya :

    Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS. Al-Baqarah:216)

    Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 216 Menurut Al-Muyassar/Kementerian Agama Saudi Arabia

    216. Allah telah mewajibkan (wahai kaum mukminin), untuk memerangi orang-orang kafir, sedang perang itu perkara yang tidak kalian sukai secara naluri, lantaran berat dan banyaknya ancaman bahaya padanya. Namun, terkadang kalian membenci suatu perkara, padahal hakikatnya merupakan suatu yang lebih baik bagi kalian. Dan terkadang kalian menyukai sesuatu karena ada kesempatan bersantai atau kesenangan sementara, padahal perkara itu buruk bagi kalian. Allah mengetahui apa yang terbaik bagi kalian, sedang kalian tidak mengetahuinya. Maka bersegeralah untuk berjihad di jalan-Nya.

    Itulah yang dapat xschoolpedia bagikan tentang wallahu ya'lamu wa antum la ta'lamun yang ternyata merupakan penggalan dari surat Al-Baqarah ayat 216. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.

    Terimakasih


    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done