Li Ila Fi Quraisy Li ila fi quraisy adalah ayat pertama dari surat Quraisy. Lebih tepatnya ialah, "Li`iilaafi quraiisy". Sedikit ...
xschoolpedia

Li Ila Fi Quraisy Artinya

Daftar Isi [Tampil]

    Li Ila Fi Quraisy

    Li ila fi quraisy adalah ayat pertama dari surat Quraisy. Lebih tepatnya ialah, "Li`iilaafi quraiisy".

    Sedikit penjelasan mengenai surat Quraisy, surat Quraisy sebagai surat Makkiyah atau surat yang di turunkan di Mekkah saat sebelum Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pindah ke Madinah.

    Surat Quraisy ialah surat ke-106 dalam Al-Qur'an dan terdiri dari empat ayat, persisnya pada Juz 30. Diberi nama Quraisy karena mengarah ke golongan Quraisy yaitu golongan (suku) yang mendapatkan keyakinan jaga Ka'bah. Dasar isi pada surat ini menjelaskan kehidupan golongan Quraisy dan kewajiban yang semestinya mereka penuhi. Antara info yang menarik dari surat ini, berkaitan dengan rihlat al-Syitai wa al-Shayf; tradisi ekspedisi dagang pada musim dingin ke Yaman (rihlat al-Syitai) dan pada musim panas ke Syam (rihlat al-Shayf).

    Li Ila Fi Quraisy Artinya

    Li Ila Fi Quraisy adalah


    Surat ini memiliki hubungan dengan surat awalnya. Surat awalnya memiliki kandungan keterangan mengenai anugerah Allah Subhaanahu wa Ta'aala ke warga Mekkah, dengan peristiwa yang Allah Subhaanahu wa Ta'aala lakukan ke pasukan gajah yang ke Mekkah dalam rencana merusak Ka'bah. Dalam surat ini Allah Subhaanahu wa Ta'aala menerangkan nikmat besar lain ke warga Mekkah (Suku Quraisy) yakni rutinitas (pergi) mereka dalam satu tahun 2x, yakni sekali pada musim panas dan sekali pada musim dingin.

    Li ila fi quraisy artinya, "Karena rutinitas beberapa orang Quraisy," selanjutnya bersambung pada ayat selanjutnya, "(yaitu) rutinitas mereka pergi pada musim dingin dan musim panas." Al-lilaaf memiliki makna kumpulkan dan menjadikan satu, yang diartikan di sini ialah berdagang yang mereka kerjakan sekali pada musim semi, sekali pada musim panas. Pada musim dingin mereka ke negeri Yaman untuk mendapat hasil pertanian, karena udaranya pas. Sedang pada musim panas mereka ke arah Syam karena umumnya perdagangan buah-buahan dan yang lain ada di saat ini. Ini ialah kepuasan dari Allah Subhaanahu wa Ta'aala ke golongan Quraisy, pada dua perjalanan itu, karena darinya mereka mendapat faedah yang banyak dan pendapatan yang besar dari perdagangan itu.

    Li Ila Fi Quraisy Arab dan Artinya

    Li ila fi quraisy sebagai ayat pertama dari surat Quraisy. Berikut sebagai surat Quraisy ayat pertama arab dan artinya

    إِيلَٰفِ قُرَيْشٍ

    Latin : Li`iilaafi quraiisy (QS. Quraisy:1)

    Artinya :
    Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, (QS. Quraisy:1)

    Tafsir Surat Quraisy Ayat 1 Menurut Al-Muyassar/Kementerian Agama Saudi Arabia


    1-2. Takjublah kepada kebiasaan dan keamanan orang-orang Quraisy, stabilnya kemaslahatan mereka, dan teraturnya perjalanan dagang mereka di musim dingin ke Yaman dan musim panas ke Syam dengan lancar dan mudah, untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

    Surat Quraisy Arab dan Artinya
    Berikut ini adalah surat Quraisy Arab dan artinya

    إِيلَٰفِ قُرَيْشٍ

    Latin : Li`iilaafi quraiisy (QS. Quraisy:1)

    Artinya :
    1. Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, (QS. Quraisy:1)

    إِۦلَٰفِهِمْ رِحْلَةَ ٱلشِّتَآءِ وَٱلصَّيْفِ

    Latin : Iilaafihim rihlatasy-syitaa`i was-saiif (QS. Quraisy:2)

    Artinya :
    2. (yaitu) kebiasaan mereka berpergian pada musim dingin dan musim panas. (QS. Quraisy:2)

    فَلْيَعْبُدُوا۟ رَبَّ هَٰذَا ٱلْبَيْتِ

    Latin : Falya'budu rabba haażal-baiit (QS. Quraisy:3)

    Artinya :
    3. Maka hendaklh mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah) (QS. Quraisy:3)

    ٱلَّذِىٓ أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَءَامَنَهُم مِّنْ خَوْفٍۭ

    Latin : Allażii at'amahum min ju'iw wa aamanahum min khauf. (QS. Quraisy:4)

    Artinya :
    4. Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan. (QS. Quraisy:4)

    Itulah yang dapat xschoolpedia bagikan tentang li ila fi quraisy yang ternyata merupakan ayat pertama dari surat Quraisy. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.

    Terimakasih
    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done