Arti Rabbana Lakal Hamdu Ketika I'tidal Shalat merupakan ibadah yang salah satu rukun Islam yang utama. Ketika salat terdapat bacaan Ra...
xschoolpedia

Rabbana lakal hamdu Artinya

Daftar Isi [Tampil]

     Arti Rabbana Lakal Hamdu Ketika I'tidal

    Arti Rabbana Lakal Hamdu Ketika I'tidal

    Shalat merupakan ibadah yang salah satu rukun Islam yang utama. Ketika salat terdapat bacaan Rabbana lakal hamdu pada saat i'tidal. Pembahasan kali ini fokus pada arti Rabbana lakal hamdu.

    Jadi kita sebagai umat muslim ketika shalat dan tepat pada posisi i'tidal kita membaca bacaan Rabbana lakal hamdu.

    I'tidal

    Kata i'tidal merupakan gerakan shalat antara rokok dan sujud. Gerakan salat ini menjadi salah satu rukun salat yang harus kita lakukan.

    Dalam kitab suci Alquran surat Ali Imran juz 3 ayat 43 yang menjelaskan bahwa taatilah tuhanmu Allah, sujud dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk.

    Artinya semua umat muslim ketika shalat harus rukuk atau ada yang melakukan dengan Rabbana lakal hamdu.

    Keberadaan shalat menunjukkan sangat penting karena shalat merupakan penghubung antara cara umat muslim dengan Allah.

    Ayat lain dalam Al Quran surat an-nisa juz 4 ayat 103 juga menjelaskan bahwa i'tidal termasuk dalam rukun shalat. I'tidal merupakan kan kembalinya orang pada posisi sebelum ia melakukan rukuk baik kembali pada posisi berdiri maupun posisi duduk.

    Hanya dua ayat Alquran yang menjelaskan tentang Rabbana lakal hamdu ketika i'tidal sudah mewakili pemahaman kita sebagai umat muslim.

    Setelah memahami sekilas tentang ayat suci Alquran yang membahas i'tidal atau Rabbana lakal hamdu, ini kita belajar cara i'tidal dengan benar :

    Cara I'tidal / Ketika Membaca Rabbana lakal hamdu

           Dilakukan ketika setelah membaca sami'allahu liman hamidah.

           Bangun dari ruku membaca tasmi'.

           Mengangkat kedua tangan ketika berdiri posisi i'tidal dengan cara sama seperti takbiratul ihram.

           Ada ulama yang yang menjelaskan posisi adalah tangan dilepas dan tidak sedekap.

    Hadits Tentang I'tidal

    Menurut hadist shahih Bukhari, Ibnu Hajar dalam Fath al-Bari menjelaskan bahwa hadits ini menunjukkan bahwa terkadang dengan lantang alias tidak diperbolehkan makruh bagi para makmum, salah satunya setelah bangun dari rukuk para i'tidal.

    Dimana umat Islam diperintahkan untuk mengeraskan bacaan sami'allahu liman. hamidah kemudian dilanjutkan dengan pembacaan i'tidal. Bahkan karena keutamaan membaca, para malaikat bergegas untuk merekamnya.

    I'tidal memiliki 3 (tiga) syarat dalam pelaksanaannya:

    Selain memahami Arti Rabbana Lakal Hamdu, Anda juga perlut memahami syarat melaksanakan I'tidal :

    1. Terbangunnya rukuk tidak maksudnya untuk tujuan lain selain iktidal itu sendiri.

    2. Tumakninah. Pada saat melakukan i'tidal hendaknya bersamaan dengan tuma'ninah dalam posisi tegak badan berdiri dalam keadaan hening dan tenang paling tidak pada saat pembacaan doa tasbih subhânallâh.

    3. I'tidal tidak dilakukan sambil berdiri dalam waktu lama melebihi panjang berdiri saat membaca surat Al-Fatihah. Karena i'tidal adalah tiang pendek, tidak boleh diperpanjang.

    Pahami juga artinya dari Rabbana lakal hamdu atau tidak ketika shalat. Jadi anda tidak hanya sekedar membaca atau melakukan kewajiban saja. Pahami juga arti setiap gerakan shalat yang Anda lakukan.

    Penjelasan Arti I'tidal atau Rabbana lakal hamdu

    Posisi setelah ruku kemudian berdiri tegak sempurna dan tangan terlepas pada posisi tersebut adalah kemudian Anda membaca Rabbana lakal hamdu.

    Sembari gerakan dari ruku ke i'tidal harus membaca sami'allahu liman hamidah. Artinya Allah itu maha mendengar terhadap orang yang memujinya.

    Setelah berdiri tegak dari sujud maupun ruku, kemudian membaca Robbana lakal hamdu mil us samawati wa mil ul ardhi wamil u maa syi'ta min syai'in ba'du.

    Semua orang muslim yang melaksanakan shalat akan mendapatkan pahala di sisi Allah. Semula pergerakan shalat harus anda perhatikan terutama ingin tidur dan membaca Rabbana lakal hamdu.

    Nah itulah yang dapat xschoolpedia bagikan tentang doa rabbana lakal hamdu, semoga bermanfaat.


    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done