Subhanalladzi Asra Bi Abdihi Lailan Subhanalladzi asra bi abdihi lailan adalah bagian dari surat Al-Isra' ayat pertama. Lebih lengkapnya...
xschoolpedia

Subhanalladzi Asra Bi Abdihi Lailan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

    Subhanalladzi Asra Bi Abdihi Lailan

    Subhanalladzi asra bi abdihi lailan adalah bagian dari surat Al-Isra' ayat pertama. Lebih lengkapnya ialah, "Sub-haanallażii asraa bi'abdihii lailam minal-masihidil-haraami ilal-masjidil-aqsallażii baaraknaa haulahu linuriyahu min aayaatinaa, inaahu huwas-samiiul-basiir".

    Sedikit keterangan mengenai surat Al-Isra, surat Al-Isra sebagai surat Makkiyah atau surat yang di turunkan saat sebelum Nabi Muhammad SAW pindah ke Madinah. Surat Al-Isra ialah surat ke 17 dalam Al-Qur'an dan terbagi dalam 111 ayat, tepatnya pada Juz 15.

    Subhanalladzi Asra Bi Abdihi Lailan artinya :


    Subhanalladzi Asra Bi Abdihi Lailam

    Diberi nama Al-Isra yang dengan bahasa arab memiliki arti "memperjalankan pada malam hari". Nama lain dari surat Al-Isra ialah surat Bani Israel, ini dihubungkan pada ayat ke dua sampai delapan dan pada ayat 101 sampai 104, di mana Allah mengatakan tenang Bani Israel yang sesudah jadi bangsa yang kuat kembali besar menjadi bangsa yang terhina karena menyelimpang dari tuntunan Allah SWT. Disambungkannya cerita Isra dengan kisah Bani Israel pada surat ini, memberi teguran jika umat Islam akan alami kehancuran, seperti hal Bani Israel, jika mereka tinggalkan ajaran-ajaran Islam.

    Subhanalladzi asra bi abdihi lailan artinya Maha Suci Allah, yang sudah memperjalankan hamba-Nya di suatu malam. Sedang surat Al-Isra ayat pertama menerangkan mengenai Allah Subhaanahu wa Ta'aala yang memperjalankan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam dari Masijdil Haram ke Masjidil Aqsha dan menunjukkan padanya pertanda kekuasaan dan kebesarannya. Ayat pertama ini mengatakan, Mahasuci Allah, yang sudah memperjalankan hamba-Nya, yaitu Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam saat malam hari dari Masjidil Haram, yang ada di Mekkah ke Masjidil Aqsa, yang ada di Palestina, yang sudah Kami berkahi sekitarnya, dengan tanahnya yang subur dan hasilkan bermacam tanaman dan buah-buahan dan jadi tempat turunnya beberapa Nabi, supaya Kami tunjukkan padanya dengan mata kepala atau mata hati beberapa dari pertanda kebesaran dan kekuasaan Kami. Sesunggunya Ia, yakni Allah ialah Mahamendengar pengucapan hamba-Nya, Mahamengetahui perilaku dan tindakannya. Jika Allah memuliakan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam dengan memperjalankannya dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, karena itu Ia memuliakan Nabi Musa dengan menganugerahkan padanya kitab Taurat supaya jadi panduan untuk Bani Israil. Dan Kami beri ke Nabi Musa kitab, yakni Taurat, dan Kami menjadikan sebagai panduan yang khusus untuk Bani Israil, yakni anak turunan Nabi Yakub, supaya mereka tidak menyembah ke selain-Ku. Kepads mereka Saya berfirman, jangan sampai kamu ambil penolong selainnya Saya, yaitu jangan sampai menyembah dan gantungkan semua masalah ke selain-Ku.

    Subhanalladzi Asra Bi Abdihi Lailan Arab dan Artinya

    Subhanalladzi asra bi abdihi lailan sebagai bagian dari surat Al-Isra' ayat pertama. Berikut adalah surat Al-Isra ayat 1 arab dan artinya

    سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِۦ لَيْلًا مِّنَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ إِلَى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْأَقْصَا ٱلَّذِى بَٰرَكْنَا حَوْلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنْ ءَايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ

    Latin : Sub-haanallażii asraa bi'abdihii lailam minal-masihidil-haraami ilal-masjidil-aqsallażii baaraknaa haulahu linuriyahu min aayaatinaa, inaahu huwas-samiiul-basiir (QS. Al-Isra:1)

    Artinya :

    Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Isra:1)

    Tafsir Surat Al-Isra Ayat 1 Menurut Al-Muyassar/Kementerian Agama Saudi Arabia

    1. Allah memuliakan kedudukan diri-Nya dan mengagungkan urusan-Nya karena kuasa-Nya untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat diperbuat oleh siapapun selain-Nya; tiada Tuhan yang berhak disembah selain-Nya, dan tidak ada Tuhan (penguasa alam) selain-Nya. Dialah yang menjalankan hamba-Nya, Muhammad di malam hari pada sebagian malamnya degan jasad dan ruhnya dalam keadaan terjaga, bukan tidur, dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsha di Baitul Maqdis yang Allah memberkahi sekelilingnya dari segi tanam-tanamannya, buah-buahannya dan lain sebagainya, dan Dia menjadikannya sebagai tempat hidup banyak Nabi agar ia dapat menyaksikan keajaiban-keajaiban kuasa Allah dan petunjuk-petunjuk keesaan-Nya. Sesungguhnya Allah, Dia Mahamendengar semua ucapan para hamba-Nya lagi Mahamelihat ssmua perbuatan mereka. Maka Dia akan memberikan hal setiap orang di dunia dan di akhirat.

    Itulah yang dapat xschoolpedia bagikan tentang subhanalladzi asra bi abdihi lailan yang ternyata merupakan penggalan dari surat Al-Isra ayat pertama. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.

    Terimakasih


    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done