Surat Al maun Artinya. Siapa Pendusta Dalam Agama Surat Al Maun termasuk surat pendek yang mudah dihafal oleh siapapun. Surat Al Maun artiny...
xschoolpedia

Arti Surat Al Maun

Daftar Isi [Tampil]

    Surat Al maun Artinya. Siapa Pendusta Dalam Agama

    Surat Al Maun termasuk surat pendek yang mudah dihafal oleh siapapun. Surat Al Maun artinya zakat maal menurut Ikrimah. Sedangkan menurut   Ali bin Thalib alma'un artinya adalah zakat. pendapat Ibnu Masud al ma’un artinya adalah barang yang biasa dipinjam.

    Lantas, bagaimana surat al maun artinya dan terjemahannya yang lebih rinci lagi? Yuk, simak artikel ini sampai selesai. Semoga memudahkan kita untuk memahaminya.

    Pengertian Surat Al Maun 

    Pengertian Surat Al Maun


    Arti Al Maun adalah barang-barang yang berguna yang biasa dipinjam. Kata Al Maun ini terambil dari ayat terakhir.

    Jadi pengertian surat Al Maun adalah surat yang terdiri dari 7 ayat. Surat Al Maun menempati surat ke 107 dalam Al Quran.  

    Asbabun Nuzul Surat Al Maun 

    Bagaimana asbabun nuzul surat Al Maun ini? Asbabul nuzul surat ini menurut Ibnu Abbas, seorang pakar tafsir Al Quran generasi sahabat adalah bahwa surat ini turun terkait erat dengan seseorang yang bernama Ash bin Wail. Ada ulama yang berpendapat bahwa surat ini turun terkait dengan Abu Jahal.

    Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa turunnya surat Al Maun ini ada hubungannya dengan Walid bin Mughirah. Dari sekian banyak pendapat ini, intinya sama yaitu mereka telah menyakiti anak yatim yang datang hanya untuk sekedar meminta bantuan, tidak lebih.

    Dalam tafsir yang lebih luas lagi disebutkan bahwa Ibnu Juraij berpendapat bahwa Abu Sufyan adalah orang yang terbiasa menyembelih untanya pada ahir pekan.

    Pada satu waktu tertentu ada anak yatim yang datang sekedar untuk meminta daging unta yang disembelihnya. Apa yang terjadi? Si yatim tidak diberinya daging tetapi dia menghardik, memaki dan mengusirnya. Allah menurunkan 3 ayat pertama dari Al Maun ini sebagai peringatan bagi mereka.

    Abu Munzir meriwatkan sebuah keterangan, Ibnu Abbas telah mengatakan bahwa Allah menurunkan surat al Maun ayat 4 terkait dengan kaum munafik.

    Para munafik ini, suka pamer salat mereka. Mereka enggan mendirikan salat bila tidak ada orang yang melihatnya. Bahkan mereka sangat pelit sehingga tidak mau meminjamkan kepada orang lain yang membutuhkannya.

    Tafsir Surat Al Maun 

    Membahas tafsir surat Al Maun ini akan membantu kita memahami makna dari surat Al Maun secara menyeluruh. Sehingga dengan memahami maknanya secara menyeluruh akan memudahkan kita mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari.

    Surat al maun artinya dan terjemahannya

    أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ . فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ . وَلَا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ . فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ , الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ . الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ . وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ

    Arti surat al maun:

    “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang salat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya, orang-orang yang berbuat riya’, dan enggan (menolong dengan) barang berguna”. (QS. Al Maun: 1-7)

    Yuk, kita bahas satu-persatu.

    Surat Al Maun Ayat 1 

     َرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ

    Artinya “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

    Lafaz يكذب (yukadzdzibu) mempunyai arti mengingkari atau mendustakan. Mengingkari atau mendustakan ini adakalanya berupa sikap atau perbuatan dhohir (lahir) yang nampak dalam kenyataan.

    Sedangkan lafaz الدين (Ad Diin) menurut bahasa artinya agama, pembalasan atau kepatuhan. Dalam konteks ayat ini Ad Diin berarti agama. Tetapi Ad Diin  bisa bermakna pembalasan. Mengapa? Karena Al Quran menggandengkan lafaz Ad Diin dengan lafaz Yukaddibu. Siapa mereka ini? Mereka adalah orang yang mendustakan agama.

    Salah seorang pakar tafsir yang memaknai Ad Diin sebagai hari pembalasan adalah Ibnu Kasir. Sehingga pengertian dari ayat 1 ini adalah “Tahukah engkau wahai Muhammad. Siapa orang yang mendustakan agama dan mendustakan hari pembalasan?

    Surat Al Maun Ayat 2 

     فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ

    Itulah orang yang menghardik anak yatim,

    ذلك (dzalika) adalah isim isyarah. Artinya itu. Menunjukkan makna yang “jauh”. Sehingga mereka orang yang  jauh dari Allah padahal Allah dekat.

    يدع (yadu’u) maknanya mendorong keras. Makna yang lebih khusus adalah mengganggu atau menganiaya.

    Kata اليتيم (Al yatim) bermakna kesendirian. Lafaz lain yang serupa ada الدرة اليتيمة (ad durrah al yatiimah) maknanya permata indah yang tak ada bandingannya.

    Sedangkan anak yatim adalah anak yang orang tuanya telah wafat dan usianya belum dewasa.

    Menurut Ibnu Kasir orang yang mendustakan agama adalah orang yang sewenang-wenang kepada anak yatim. Mereka enggan memberinya makan dan menganiaya serta tidak memperlakukan sang yatim sebagaimana mestinya.

    Surat Al Maun Ayat 3 dan Artinya 

     وَلَا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِين

    Artinya “Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin”.

    lafaz يحض (yakhudldlu) bermakna menganjurkan. Walaupun Anda tidak memiliki harta yang lebih dari kebutuhan Anda tetapi, Anda tetap perlu ikut peduli pada orang miskin. Salah satunya adalah dengan memberi nasehat pada orang lain agar mau peduli pada orang miskin.

    Surat Al Maun Ayat 4 dan Artinya

     فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ

    Artinya “Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat”

    Dalam ayat ini terdapat huruf ف (fa’). Di mana huruf fa’ ini menjadi penghubung 3 ayat sebelumnya dengan ayat berikutnya. Sehingga maknanya adalah orang yang mendustakan agama adalah orang-orang yang menghardik anak yatim, tidak mau memberi makan pada orang miskin dan orang yang riya’ dalam salatnya”.

    Surat Al Maun Ayat 5 dan Artinya

    الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ

    Artinya “(yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya”

    Lafaz عن‘an ) punya makna tentang atau menyangkut.

    Lafaz ساهون (saahuun)  maknanya lalai atau lupa.

     Sedangkan  Ibnu Abbas berpendapat bahwa makna yang terkandung dalam ayat 4-6 ini adalah orang munafik. Mereka tetap mau mengerjakan salat, namun enggan salat ketika sendirian.

    Surat Al Maun Ayat 6 dan Artinya

    الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ

    Artinya “Orang-orang yang berbuat riyaa”

    Lafaz يراءون (yuroo’uun )  maknnya melihat. Kata ini berasal dari kata رأى yang artinya melihat. Sehingga dari akar kata ini lahirlah kata riya’. Riya’ artinya melakukan sesuatu amalan bukan karena Allah semata tetapi karena ingin memperoleh pujian dari orang lain.

    Surat Al Maun Ayat 7 dan Arinya

    وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ

    Artinya “Dan enggan (menolong dengan) barang berguna”.

    Lafaz الماعون (al maa’uun) berasal dari akar kata المعن (al ma’n) maknanya sedikit.

    Sahabat Ali bin Abi Thalib menjelaskan bahwa makna al maa’uun adalah zakat. Di antara para sahabat ada yang berpendapat bahwa maknanya adalah sedekah. Sedangkan Ibnu Masud memberi penjelasan bahwa makna dari al maa’uun adalah barang yang biasa dipinjam.

    Sedangkan Ikrimah menjelaskan bahwa inti dari semua pendapat tentang lafaz al maa’uun adalah zakat maal. Paling rendah adalah keengganan untuk meminjamkan apa yang dimilikinya kepada orang lain. Seperti timba, jarum dan ayakan untuk membuat makanan.

    Kesimpulan :

    Surat Al-Maun termasuk surat yang pendek dalam Al Quran. Tetapi surat Al Maun dan artinya ini sangat kaya makna dan pelajaran berharga bagi kita umat Islam. Keislaman seseorang Allah uji dengan anak yatim dan salat. Sejauh mana kita peduli terhadap anak yatim.

    Salat adalah tiang agama. Sejauh mana komitmen kita terhadap agama ini sebanding lurus dengan seberapa kuat kita mendirikan salat.  Baik mendirikan salat saat bersama orang lain, lebih-lebih saat sendiri tanpa ada orang yang mengetahuinya.

    Sekian yang dapat xschoolpedia bagikan tentang penjelasan Surat Al Maun, semoga bermanfaat.

    Terimakasih


    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done