Tilka Ayatul Kitabil Mubin Tilka ayatul kitabil mubin sebagai bagian dari surat Yusuf ayat pertama. Lebih lengkapnya ialah, "Alif laam ...
xschoolpedia

Tilka Ayatul Kitabil Mubin, Ayat Ke-1 Surat Yusuf, Arab, Latin Serta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

    Tilka Ayatul Kitabil Mubin

    Tilka ayatul kitabil mubin sebagai bagian dari surat Yusuf ayat pertama. Lebih lengkapnya ialah, "Alif laam raa, tilka aayaatul-kitaabil-mubiin".

    Sedikit penjelasan mengenai surat Yusuf, surat Yusuf sebagai surat Makkiyah atau surat yang di turunkan di Makkah saat sebelum Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam pindah ke Madinah. Surat Yusuf ialah surat ke 12 dalam Al-Qur'an dan terdiri dari 111 ayat, persisnya pada Juz 12 (ayat 1-53) dan 13 (ayat 54-111).

    Alif lam ra, tilka ayatul kitabil mubin

    Tilka Ayatul Kitabil Mubin, Ayat Ke-1 Surat Yusuf, Arab, Latin Serta Artinya

    Diberi nama surat Yusuf karena titik berat didalamnya berkenaan kisah Nabi Yusuf. Kisah itu satu diantaranya ialah beberapa cerita gaib yang diwahyukan ke Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam sebagai mukjizat untuk ia, sedang ia saat sebelum di turunkan surat ini tidak ketahuinya. Dari narasi Yusuf ini, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam ambil pelajaran-pelajaran yang banyak dan sebagai penghibur pada ia dalam jalankan pekerjaannya. Menurut kisah Al Baihaqi dalam kitab Ad-Dalail jika satu golongan orang Yahudi masuk agama Islam setelah mereka dengar narasi Yusuf ini, karena sesuai beberapa cerita yang mereka kenali.

    Allah memberikan nama surat ini dengan surat yang memiliki kandungan sebaik-baik cerita, ayat untuk beberapa orang mukmin, pelajaran untuk orang yang mempunyai akal, dan pembenar untuk kita-kitab samawi awalnya. Karena turunya surat ini yakni jika beberapa orang kafir Makkah berjumpa dengan beberapa orang Yahudi, lalu mereka bicara mengenai Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu beberapa orang Yahudi berbicara : "Bertanyalah padanya, mengapa keluarga Ya'kub tidak berpindah dari Syam ke arah Mesir, yakni mengenai cerita Yusuf," lalu turunlah surat ini, "Alim Lam Ra' " Alif lam ra', berperan untuk menunjukkan kekuatan Al-Qur'an dan melawan bangsa Arab untuk menandinginya walau itu terbagi dalam beberapa huruf Arab yang mana mereka pintar menerangkan dan pintar dengan bahasa itu. Ayat-ayat dalam surat ini terhitung ayat Al-Qur'an yang menerangkan jika Al-Qur'an itu dari sisi Allah SWT.

    Tilka Ayatul Kitabil Mubin Arab dan Artinya

    Tilka ayatul kitabil mubin merupakan bagian dari surat Yusuf ayat 1. Berikut merupakan surat Yusuf ayat 1 arab dan artinya

    الٓر ۚ تِلْكَ ءَايَٰتُ ٱلْكِتَٰبِ ٱلْمُبِينِ

    Latin : Alif laam raa, tilka aayaatul-kitaabil-mubiin (QS. Yusuf:1)

    Artinya :

    Alif, laam, raa. Ini adalah ayat-ayat Kitab (Al-Qur'an) yang nyata (dari Allah)

    Tafsir Surat Yusuf Ayat 1 Menurut Al-Muyassar/Kementerian Agama Saudi Arabia

    1. Alif laam raa. Pembahasan tentang huruf-huruf ini dan yang semacam dengannya sudah ada di awal surah Al-Baqarah. Ayat-ayat yang diturunkan dalam surah ini termasuk ayat-ayat Al-Qur'an yang jelas isi kandungannya.

    Itulah penjelasan tentang tilkan ayatul kitabil mubin yang ternyata merupakan penggalan dari surat Yusuf ayat pertama. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.

    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done