Wala Tamutunna Illa Wa Antum Muslimun Wala tamutunna illa wa antum muslimun sebagai bagian dari surat Ali Imran ayat 102. Lebih detilnya ial...
xschoolpedia

Wala Tamutunna Illa Wa Antum Muslimun Artinya

Daftar Isi [Tampil]

    Wala Tamutunna Illa Wa Antum Muslimun

    Wala tamutunna illa wa antum muslimun sebagai bagian dari surat Ali Imran ayat 102. Lebih detilnya ialah, "Yaa ayyuhallażiina aamanuttaqullaaha haqqa tuqaatihi wa laa tamutunna illaa wa antum muslimun".

    Sedikit keterangan mengenai surat Ali 'Imran, surat Ali 'Imran sebagai surat Madaniyah (ayat-ayat Al-Qur'an yang di turunkan ke Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam di kota Madinah sesudah kejadian pindah). Surat Ali 'Imran terbagi dalam 200 ayat pada Juz 3 (ayat 1-91) dan Juz 4 (ayat 92-200).

    Wala Tamutunna Illa Wa Antum Muslimun Artinya

    Wala Tamutunna Illa Wa Antum Muslimun

    Diberi nama Ali 'Imran karena berisi cerita keluarga Imran yang dalam cerita itu disebut kelahiran Nabi Isa, kesamaan peristiwanya dengan Nabi Adam, kenabian dan beberapa mukjizatnya, dan disebut juga kelahiran Maryam binti Imran. Surat Al-Baqarah dan surat Ali 'Imran ini diberi nama Az-Zahrawan (Dua Yang Berkilau), karena ke-2 surat ini membuka beberapa hal yang menurut Al-Qur'an disembunyikan oleh beberapa Pakar Kitab, seperti peristiwa kelahiran Nabi Isa dan kehadiran Nabi Muhammad. Pada ayat 7 ada info mengenai "Dasar Langkah Pahami isi Al-Kitab."

    Wala tamutunna illa wa antum muslimun artinya "dan jangan sampai sesekali kamu mati tetapi pada kondisi memeluk agama islam." Sedang surat Ali Imran ayat 105 mengulas agar kamu mendapat keimanan yang kuat dan tidak labil saat terjadi masalah, karena itu wahai beberapa orang yang memiliki iman! bertakwalah ke Allah Subhaanahu wa Ta'aala sebenar-benar takwa kepada-Nya sama sesuai kebesaran, keagungan, dan kasih-sayang-Nya ke kamu. Bukti ketakwaan itu ialah mematuhi Allah Subhaanahu wa Ta'aala dan tidak sekali juga durhaka, mengingat-Nya dan tidak sebentar juga melupakan-Nya, dan mensyukuri nikmat-Nya tanpa sekali juga dan sekecil apa saja memungkirinya sampai batasan akhir kekuatan kamu, dan jangan sampai kamu mati terkecuali pada kondisi muslim, menyerah diri ke Allah Subhaanahu wa Ta'aala dengan masih tetap beragama yang diridhai, yakni Islam.

    Karena tidak seorang juga ketahui kapan hadirnya kematian, karena itu usahakanlah semaksimal mungkin untuk selalu ada di jalan Allah Subhaanahu wa Ta'aala, karena Allah Subhaanahu wa Ta'aala akan menganugerahi hamba sama sesuai usaha yang dilakukan. Pada ayat ini Allah Subhaanahu wa Ta'aala memerintah golongan mukmin jaga persatuan dan kesatuan. Dan berdasar tegarlah dan usahakanlah semaksimal mungkin supaya kamu semua bantu-membantu untuk bersatu pada tali (agama) Allah Subhaanahu wa Ta'aala supaya kamu tidak terpeleset dari agama itu. Dan jangan sampai kamu berpisah-berai, sama-sama bermusuhan dan mendengki, karena semuanya akan jadikan kamu kurang kuat dan gampang dihancurkan.


    Wala Tamutunna Illa Wa Antum Muslimun Arab dan Artinya

    Wala tamutunna illa wa antum muslimun sebagai bagian dari surat Ali Imran ayat 102. Berikut ialah surat Ali Imran ayat 102 arab dan artinya


    يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ

    Latin : Yaa ayyuhallażiina aamanuttaqullaaha haqqa tuqaatihi wa laa tamutunna illaa wa antum muslimun (QS. Ali Imran:105)

    Artinya :

    Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. (QS. Ali Imran:105)

    Tafsir Surat Ali Imran Ayat 105 Menurut Al-Muyassar/Kementerian Agama Saudi Arabia

    105. Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan melaksanakan syariat-Nya, takutlah kalian kepada Allah dengan sebenar-benarnya, yaitu dengan cara menaati-Nya dan tidak bermaksiat kepada-Nya, mesyukuri-Nya dan tidak mengingkari nikmat-Nya, serta mengingat-ingat-Nya dan tidak melupakan-Nya. Dan teruslah kalian berpegang teguh dengan keislaman kalian hingga akhir hayat kalian, supaya kalian menjumpai Allah, sedang kalian dalam keadaan tersebut.

    Itulah dapat xschoolpedia bagikan tentang Wala tamutunna illa wa antum muslimun yang ternyata merupakan penggalan dari surat Ali Imran ayat 105. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.

    Terimakasih

    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done