Bersedekah, 5 Alasan Mengapa Islam Menganjurkannya Beramal atau sedekah dianggap sebagai salah satu tindakan yang paling disukai dan sangat ...
xschoolpedia

Bersedekah, 5 Alasan Mengapa Islam Menganjurkannya

Daftar Isi [Tampil]

    Bersedekah, 5 Alasan Mengapa Islam Menganjurkannya

    Beramal atau sedekah dianggap sebagai salah satu tindakan yang paling disukai dan sangat dianjurkan dalam Islam. Allah SWT dan Nabi Muhammad ﷺ pun berkali-kali menyebutkan di dalam Al-Qur’an bahwa beramal adalah suatu hal yang mulia dan harus dilakukan secara teratur.

    Berbagai jenis kegiatan beramal dan perbuatan baik tersebut adalah termasuk membantu mereka yang membutuhkan, memberi makan orang miskin dan membutuhkan, membantu anak yatim dan para janda, berbagi harta Anda, dan membelanjakannya di jalan Allah. Beramal berupa sedekah adalah suatu pilihan, tidak wajib seperti zakat. Bersedekah juga tidak harus berupa harta. Bentuk sedekah bisa saja hanya berupa tersenyum kepada orang asing yang berpapasan di jalan atau sekadar berbagi pengetahuan. Berikut ini adalah lima alasan mengapa Islam menganjurkan sedekah:

    5 Alasan Mengapa Islam Menganjurkan Bersedekah

    Ciri-ciri Orang Beriman

    Mengamalkan harta di jalan Allah adalah salah satu sifat orang-orang beriman. Di awal Surah Al-Baqarah, Allah memperkenalkan Al-Qur’an sebagai panduan bagi orang-orang beriman. Kemudian Ia juga menyebutkan sifat-sifat orang-orang yang bertakwa. Allah berfirman bahwa mereka adalah “mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka.”

    Sebaliknya, dalam Al-Qur’an, Surah Fussilat 41:7, ketika Allah menggambarkan orang-orang musyrik, hal pertama yang disebutkan untuk menggambarkan mereka adalah: “Orang-orang yang tidak menunaikan zakat dan mereka ingkar terhadap kehidupan akhirat.”

    Menghapus Dosa

    Menurut Ka’b ibn ‘Ujza, Rasulullah  ﷺ bersabda dalam sebuah hadits, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.“ [Tirmidzi] Oleh karena itu, bersedekah merupakan cara yang cepat agar kesalahan kita diampuni. 

    Naungan di Hari Kiamat

    Jika dilakukan dengan ikhlas dan diam-diam, sedekah adalah salah satu cara untuk masuk ke dalam tujuh golongan orang yang akan berada dalam naungan Allah di Hari Kiamat. Hari di mana tidak ada bayangan lain selain bayangan-Nya, ketika matahari sudah dekat, dan manusia akan tergenang dalam peluh mereka berdasarkan kadar amalan mereka di dunia.

    Menurut Abu Huraira RA, Nabi Muhammad ﷺ berkata, “Ada tujuh orang yang akan Allah naungi di Naungan-Nya pada Hari ketika tidak ada naungan kecuali Naungan-Nya; seorang pemimpin yang adil, seorang pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Allah yang Maha Kuasa dan Agung, seorang pria yang hatinya melekat pada masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah bertemu karena Allah dan berpisah karena Allah, seseorang yang diajak berzina oleh wanita cantik dan berposisi tinggi tetapi dia menolak dan mengatakan: ‘Saya takut kepada Allah’, seseorang yang memberi amal dan menyembunyikannya, hingga tangan kirinya pun tidak tahu apa yang diberikan tangan kanannya dalam amal; dan seseorang yang berzikir kepada Allah dalam kesendirian hingga meneteskan air mata.” [Bukhari]

    Mendapatkan Tempat di Surga

    Orang yang bersedekah menghormati perjanjian antara Allah dan orang-orang beriman, dan dalam perjanjian tersebut tersirat bahwa dia akan memperoleh tempat di surga. Allah berfirman dalam Surah At-Taubah 9:111, “Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang mukmin, baik diri maupun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka.”

    Menyucikan Kesalahan yang Tak Disengaja

    Dalam kehidupan, mungkin ada kesalahan dan kekurangan dalam cara kita memperoleh harta, sehingga beberapa di antaranya tidak diperoleh dengan cara yang diridhai Allah. Sedekah dapat membantu menyucikan kesalahan yang tidak disengaja. Rasulullah juga menganjurkan sedekah untuk hal ini. 

    Untuk kelima alasan tersebut, kita bisa mulai bersedekah untuk orang-orang terdekat, seperti keluarga besar, teman, tetangga, atau bahkan orang yang kita temui di jalan yang mungkin membutuhkan bantuan. Ini adalah suatu langkah kecil untuk nantinya kita bisa membantu masyarakat dalam skala yang lebih besar.

    Panggilan Bantuan

    Muslim Pro mendukung penggalangan dana darurat UNICEF untuk Afghanistan. Hasil penggalangan dana ini akan membantu anak-anak di Afghanistan yang membutuhkan bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup. Tercatat sekitar 4,2 juta anak putus sekolah, termasuk 2,2 juta anak perempuan. Yuk, donasi hari ini untuk membuat perubahan yang lebih baik dalam hidup mereka!

    Semoga Allah SWT memberkahi Anda dan keluarga dengan kesehatan dan rezeki yang melimpah.

    —————————————————————————————————————————

    Vincent Souleymane

    Vincent Souleymane, seorang Imam Perancis dan penasihat syariah di Muslim Pro, telah meluangkan waktunya untuk belajar dan berbagi ilmu kepada orang lain dengan pengetahuan sains Islam sejak dia masuk Islam pada tahun 1999.

    Semasa belajar di Institut Oussoul Eddine di Saint-Denis, dia menyadari betapa pentingnya berbakti kepada Allah dan memutuskan untuk melanjutkan pelajaran keagamaannya di daroul ouloum achrafiya di Pulau La Réunion dan di IESH Château Chinon.

    Sejak itu, Vincent Souleymane mengabdikan diri kepada Yang Maha kuasa dengan mengajar Islam di Oussoul Eddine Institute, serta menjadi imam di Masjid Fontenay sous Bois.

    Sekian yang dapat xschoolpedia bagikan tentang Bersedekah, 5 Alasan Mengapa Islam Menganjurkannya, semoga bermafaat

    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Related Posts

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin xschoolpedia.

    Pilih Warna

    Done
    Parse HTML
    Silahkan gunakan tools parse HTML berikut gratis untuk Anda, salam Admin xschoolpedia.

    Done