Perbedaan Antara Windows Firewall dan Linux Firewall  Firewall adalah sistem yang memantau dan mengontrol lalu lintas jaringan masuk dan kel...
xschoolpedia

Perbedaan Antara Windows Firewall dan Linux Firewall

Daftar Isi [Tampil]

    Perbedaan Antara Windows Firewall dan Linux Firewall 

    Firewall adalah sistem yang memantau dan mengontrol lalu lintas jaringan masuk dan keluar untuk menghindari aktivitas jahat. Setiap sistem operasi memiliki firewall bawaannya sendiri, tetapi Linux memiliki sebuah firewall yang lebih disukai beberapa orang daripada firewall yang dimiliki Windows.

    Perbedaan Antara Windows Firewall dan Linux Firewall

    Apa Itu Firewall?

    Artikel ini akan berbagi tentang perbedaan antara Windows Firewall dan Linux Firewall. Istilah " firewall" mengacu pada perangkat atau aplikasi apa pun yang menyaring data yang tidak diinginkan agar tidak masuk. Firewall melindungi komputer dari akses yang tidak sah dengan mencegah pengguna luar agar tidak bisa mengakses sumber daya internal seperti database, server web, dll.

    Firewall juga mencegah peretas agar tidak bisa memegang kendali atas mesin pengguna melalui serangan jarak jauh. Selain itu, ini dapat digunakan bersama dengan langkah-langkah keamanan lainnya seperti program antivirus, aplikasi anti-spyware, perlindungan kata sandi, enkripsi, dll., untuk memberikan lapisan pertahanan tambahan.

    Perbedaan Antara Windows Firewall dan Linux Firewall

    Perbedaan utama antara Windows Firewall dan Linux Firewall adalah bagaimana mereka beroperasi dalam mengelola koneksi dengan perangkat dan aplikasi lain. Kedua sistem dapat memblokir akses tidak sah dengan membuat aturan berdasarkan kriteria atau pengaturan tertentu, seperti:

    ·        Alamat IP Sumber Dan Tujuan

    ·        Nomor Port, Jenis Protokol (TCP Atau UDP)

    ·        Nama Protokol

    Linux Firewall dikelola dengan subsistem kernel Linux Netfilter, yang memungkinkan administrator firewall untuk mengatur kebijakan untuk koneksi masuk. Windows Firewall beroperasi secara berbeda karena dikendalikan oleh program yang berjalan dalam mode pengguna. Ini berarti ia tidak menawarkan semua fitur yang ditawarkan Linux, tetapi ia memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Linux.

    Apa Saja Perbedaan Antara Windows Firewall dan Linux Firewall?

    Yang secara otomatis mengizinkan program baru untuk berkomunikasi melalui Windows Firewall tanpa memerlukan konfigurasi khusus dari Anda. Perbedaan lainnya antara kedua sistem ini adalah bagaimana mereka mengelola lalu lintas keluar seperti permintaan DNS. Konfigurasi lanjutan dalam penyiapan jaringan yang menggunakan IPv{subsc}v{subsc} dan IPv{subscc}{sup*}.

    Linux Firewall pertama-tama akan mengirimkan paket menggunakan IPv{subsc}v{subsc}. Setelah itu, jika tidak ada respons dari server eksternal di sisi lain koneksi Anda, Linux Firewall akan beralih menggunakan IPv{sup*} agar Anda mendapatkan pengalaman yang lebih baik. Windows Firewall beroperasi secara berbeda karena tidak mendukung fitur yang satu ini.

    Jadi semua lalu lintas keluar selalu dilakukan melalui ipv{supsc}. Linux Firewall memiliki beberapa keunggulan dibandingkan firewall windows karena firewall Linux memungkinkan penundaan permintaan gema ICMP. Fitur firewall canggih ini memungkinkan administrator untuk mengontrol kecepatan pengirimannya, sehingga penyerang tidak mudah mengidentifikasi dan mengeksploitasinya.

    Linux Firewall memiliki ini sebagai fitur bawaan sementara sistem windows tidak menawarkan kemampuan ini sendiri, tetapi ada program pihak ketiga yang dapat Anda instal. Baik sistem Linux Firewall dan Windows Firewall juga menggunakan tabel perutean untuk mengelola lalu lintas masuk, meskipun Linux menggunakan subsistem kernel Linux Netfilter.

    Linux bergantung pada file konfigurasi iproute untuk koneksi keluar saat mengelola paket, sedangkan sistem Windows mengandalkan konfigurasi protokol spesifiknya. Windows Firewall pada dasarnya adalah program yang diinstal pada semua OS Microsoft, sedangkan Linux Firewall tidak diinstal sebelumnya pada sebagian besar distro Linux, keduanya sangat mirip fungsinya.

    Namun, ada perbedaan di antara mereka. Perbedaan utamanya adalah Linux Firewall tidak dapat memblokir port tertentu, sedangkan Windows Firewall mengizinkan fitur ini. Itulah ulasan yang dapat xschoolpedia bagikan tentang perbedaan antara Windows Firewall dan Linux Firewall. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Related Posts

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin xschoolpedia.

    Pilih Warna

    Done
    Parse HTML
    Silahkan gunakan tools parse HTML berikut gratis untuk Anda, salam Admin xschoolpedia.

    Done