Innama Buistu Liutammima Makarimal Akhlak Innama buistu liutammima makarimal akhlak merupakan hadits menyempurnakan akhlak. Sedikit penjelas...
xschoolpedia

Innama Buistu Liutammima Makarimal Akhlak Artinya

Daftar Isi [Tampil]

    Innama Buistu Liutammima Makarimal Akhlak

    Innama buistu liutammima makarimal akhlak merupakan hadits menyempurnakan akhlak. Sedikit penjelasan tentang hadis, hadis dalam bahasa arab memiliki arti berbicara, perkataan, percakapan. Hadis disebut sebagai sunnah, adalah pengucapan (sabda), tindakan, ketentuan dan kesepakatan dari Nabi Muhammad SAW yang jadi dasar syariat Islam. Hadis jadi sumber hukum Islam selainnya Al-Qur'an, dalam ini, posisi hadis merupakan sumber hukum ke-2 sesudah Al-Qur'an.

    Mengulas tentang hadis menyempurnakan akhlak, pasti kita akan mengulas tentang akhlak. Berikut ini merupakan keterangan tentang apakah itu akhlak dan beberapa macamnya.

    innama buistu liutammima makarimal akhlak

    Apa Itu Akhlak

    Akhlak berasal dari bahasa arab yakni, "Al-Khulk" yang memiliki makna tabeat, perilaku, perangai, rutinitas, tingkah laku. Dan menurut istilah, akhlak adalah karakter yang sudah tertancap di dalam diri manusia yang dapat mengeluarkan suatu hal dengan senang dan gampang tanpa suatu pertimbangan dan paksaan.

    Seseorang bisa disebutkan bermoral bila sudah muncul dengan sendirinya dan didorong oleh motivasi dalam diri dan dilaksanakan tanpa banyak pemikiran pertimbangan, apa lagi pemikiran yang diulangi, hingga berkesan sebagai keterpaksaan untuk melakukan perbuatan.

    Jika tindakan itu dilaksanakan dengan keterpaksaan, maka sudah tentu itu bukan akhlak.

    Macam-Macam Akhlak

    Dapat disebutkan bila ada dua jenis akhlak, yakni akhlak terpuji (al akhlaaqul mahmudah) dan akhlak nista (al akhlaaqul madzmuumah). Berikut ini merupakan keterangan dari masing-masingnya.

    1. Akhlak Terpuji (Al Akhlaaqul Mahmudah)

    Adalah tindakan baik terhadap Allah, setiap orang, dan makhluk-makhluk ciptaan Allah yang lain. Contoh dari akhlak terpuji diantaranya adalah sebagai berikut :

    1. Berbakti ke kedua orangtua,
    2. Menghargai tetangga dan tamu,
    3. Usaha memunculkan rasa kasih-sayang dan, menarik simpati seseorang,
    4. Memberi bantuan yang memiliki sifat mengurangi beban hidup beberapa orang yang memiliki hak menerimanya dan
    5. Menolong mempermudah masalah setiap orang bagi yang memiliki kemampuan.

    2. Akhlak Tercela (Al Akhlaaqul Madzmuumah)

    Adalah tindakan buruk terhadap Allah, setiap orang, dan makhluk-makhluk ciptaan Allah yang lain. Contoh dari akhlak buruk diantaranya adalah sebagai berikut :

    1. Berdusta,
    2. Mengumpat,
    3. Mengadu domba,
    4. Iri hati/dengki dan
    5. Angkuh

    Hadis Tentang Menyepurnakan Akhlak

    Berikut ini merupakan hadis menyempurnakan akhlak arab dan artinya

    عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاَقِ . رواه البيهقى

    Artinya :

    Dari Abu Hurairah r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak.

    Itulah penjelasan tentang innama buistu liutammima makarimak akhlak artinya sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat. 


    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Related Posts

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done