Apa itu NFT Metaverse ? Akhir-akhir ini, nama NFT kembali muncul karena banyak pihak yang kembali memakainya. Misalnya ialah Dolce dan Gabba...
xschoolpedia

Apa itu NFT Metaverse Serta Apa Hubungannya NFT dan Metaverse ?

Daftar Isi [Tampil]

    Apa itu NFT Metaverse ?

    Akhir-akhir ini, nama NFT kembali muncul karena banyak pihak yang kembali memakainya. Misalnya ialah Dolce dan Gabbana, sebuah perusahaan model asal Italia.

    NFT atau non-fungible token ialah asset digital yang mewakili obyek di dunia nyata. Contoh dari NFT tersebut ialah lukisan, seni musik, poin dalam games, sampai video pendek., klasifikasi jual-beli NFT ialah dengan online. Cryptocurrency atau mata uang kripto sebagai salah satunya mata uang yang bisa dipakai untuk melakukan transaksi bisnis pembelian NFT.

    Apa itu NFT Metaverse ?


    Artinya, NFT ialah asset digital yang sebagai wakil barang bernilai dengan nilai yang tidak bisa diganti atau ditukarkan.

    Setiap NFT mempunyai data catatan transaksi bisnis dalam blockchain. Data ini berisikan mengenai siapa pembuatnya, harga, dan sejarah kepemilikannya.

    Umumnya, NFT ditujukan untuk kreasi seni, asset usaha seperti property, lisensi, sampai emoji dan kreasi unik yang dapat dikoleksi.Sementara metaverse mulai terkenal usai CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengganti nama Facebook menjadi Meta. Meta kemudian jadi perusahaan induk Facebook, termasuk Instagram dan WhatsApp.

    Diambil dari situs teknologi Wired, Metaverse ialah suatu hal yang abstrak seperti saat manusia menggagas gagasan berkenaan jaringan komunikasi besar bernama internet pada 1970-an. Waktu itu, tidak ada yang betul-betul tahu ide apakah yang disebutkan dengan Internet.

    Begitu halnya Metaverse, yang mengarah pada beberapa ide baru itu. Metaverse tidak merujuk pada satu tipe teknologi. Lebih dari itu, istilah ini malah ke arah pada beberapa cara baru manfaatkan tehnologi.

    Nah, uniknya, NFT ini ternyata telah ada semenjak sepuluh tahun lalu, lho! Persisnya, pada 2012 lalu, tetapi dahulu idenya disebutkan Colored Coins. Istilah ini ada dari tulisan Meni Rosenfeld dan diedarkan di basis blockchain Bitcoin. Sayangnya ide ini  tidak pernah diwujudkan, tetapi cukup buat jadi referensi untuk ngembangin NFT.

    Selang 2 tahun kemudian, Kevin McCoy seniman digital mencetak NFT Art namanya Quantum. Gilanya, kreasi ini terjual lebih dari 1,4 juta dolar Amerika atau Rp20 triliun. Ini angka yang paling fenomenal untuk kreasi seniman.

    Karena menjadi kebun uang, sang NFT baru memperlebar sayapnya. NFT mulai dijualbelikan di platform blockchain Bitcoin namanya Counterparty.

    Lalu, Apa hubungannya NFT dan Metaverse?

    Ada hubungannya. Jika tidak ada Metaverse, kita tentu masih asing sama NFT.

    Jadi , mulanya ini, sekitaran Desember 2021 lalu, Mark Zuckerberg mengganti nama Facebook ke Meta. Sebagai wujud rebranding Facebook. Selanjutnya, Mark membuat seperti media atau ruangan virtual berbentuk 3 Dimensi yang diberi nama sebagai Metaverse.

    Mark memvisualisasikan Metaverse ini sebagai "lingkungan virtual" di mana kamu dapat pergi kemana-mana tak perlu bergerak dari tempat duduk duduk sekarang ini.

    Kurang lebih persis sama seperti film Netflix Ready Player One (2018). Film dengan jenis sci-fi dan fantasi ini menceritakan mengenai masa depan. Semuanya orang dalam ini dapat memasuki dunia virtual namanya Oasis. Agar makin merasakan dunia nyata, beberapa pemain memakai VR untuk interaksi. Di situ, mereka dapat berhubungan, bermain, berbelanja, jual barang dll

    Terus, hubungannya apa sama NFT?

    NFT ini seperti sebuah produk yang berada di dalam Metaverse. Misalnya, contoh kamu mempunyai NFT Art, nanti NFT yang kamu punya itu dapat sekali buat ditampilkan atau dipajang di Metaverse. Dengan ini, sudah pasti asset digital yang kamu punya itu menjadi lebih bermanfaat lagi! Itu dia salah satu argumen yang membuat Metaverse dapat ningkatin manfaat NFT sebagai token digital. 

    nah demikian ulasan dari saya mengenai NFT dan Metaverse ,mudah-mudahan kalian memahami.

    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Related Posts

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done