Sejarah Motor Yamaha Rx King Ngomongin tentang motor 2tak pasti banyak orang yang akan terpikir dengan motor yang satu ini, Yamaha Rx King. ...
xschoolpedia

Sejarah Motor Yamaha Rx King

Daftar Isi [Tampil]

    Sejarah Motor Yamaha Rx King

    Ngomongin tentang motor 2tak pasti banyak orang yang akan terpikir dengan motor yang satu ini, Yamaha Rx King. Motor ini termasuk kedalam golongan motor legend dengan segudang cerita dan kenangan bagi banyak masyarakat Indonesia. Banyak yang bilang kalo motor ini adalah motor jambret, karna dulu sering di pakai oleh pelaku kejahatan. Terlebih banyak sinetron yang menampilkan scene pelaku kejahatan menggunakan motor ini. Namung dibalik itu banyak sekali penggemar metor satu ini, apalagi sekarang ini harganya sedang melejit dipasaran. Meskipun motor bekas harga Yamaha Rx King sekarang ini bisa dikatakan istimewa dengan bandrol 15-25 juta untuk motor dengan kondisi yang masih terawat. Untuk kalina yang kepo dengan jenis Yamaha Rx Kingdari generasi ke generasi baca ulasan ini sampai habis yak. Kita mulai dari yang paling tua.

    Motor Yamaha Rx King


    1. Yamaha RX100 (1977)

    Yamaha RX100 meluncur pada tahun 1977.

    Mesinnya 2 tak dengan kubikasi 100cc dengan out put power 11,5 HP dan top speed 110 km/jam, yang bisa di bilang motor kencang pada massa nya.

    Yang bikin keren dari motor ini, meski punya mesin 2 tak konsumsi BBM tergolong irit banget, pasalnya Satu liter bisa buat 40 km! 

    Sebelum RX100, ada RX125 Twin yang dipasarkan di Indonesia juga pada tahun 1976.Hanya saja, RX125 Twin tidak termasuk golongan RX karena aslinya bernama RD125 dan hanya ganti nama saja saat masuk Indonesia.

    2. Yamaha RX125 (1979)

    Mesin 2 tak yang punya kubikasi asli 123cc yang bisa menghasilkan out put power sampai 13 HP. Mirip dengan saudara pendahulunya RX100, Yamaha RX125 masih dibekali 4 percepatan.

    3. Yamaha RX-K (1980)

    Kalau yang satu ini motor yang benar-benar jadi cikal bakal RX-King, itu karena Yamaha RX-K sudah mengadopsi mesin 135cc.

    Power yang dihasilkan bisa mencapai 17,5 HP dan bisa dapat mencapai top speed 150 km/jam, bisa di bilang kenceng banget dimassanya. Sayangnya peminat motor ini agak kurang di pasar Indonesia dan hanya bertahan hingga tahun 1983.

    4. Yamaha RX-S (1981)

    Setelah RX-K, Yamaha kembali meluncurkan adik nya yang bisa di bilang unik dari segi modelnya. Dengan jok blakang yang terpisah, RX-S yang punya kubikasi 115 cc.

    Yamaha RX-S juga merupakan produk CBU yang didatangkan langsun dari Jepang seperti RX-K dari tahun 1981 hingga 1983.

    5. Yamaha RX-Special (1983)

    RX-Special, Merupakan pengembangan dari model RX-S yang agakk lesu peminat di pasar indonesia. Tampil dengan gaya yang lebih modern dengan cover stoplamp yang di desain tajam.

    Mesinnya sendiri masih sama dengan yang digunakan pada RX-S.

    6. Yamaha RX-King Cobra (1983)

    Dan inilah motor yang yang membuat nama RX melejit di indonesi.  Dibuatnya dengan melakukan survey di penjuru indonesia untuk mendasain motor yang pas dan sesuai penggunaan masyarakat indonesia.

    Generasi pertama dari Yamaha RX-King diberi julukan Cobra karena bentuk setang dan tangkinya.

    Mesin 2 taknya masih rakitan Jepang, sedangkan rangkanya sudah dirakit di Indonesia.

    sekarang ini mesin RX-cobra bisa di bilang langka dan di cari banyak konsumen. sehingga menyebabkan harganya melonjak di pasaran. Dengan kode blok Y1-Y4 part mesin tersebut banyak di buru karna keawetan dan build quality yang sangat baik.

    Spesifikasi mesinnya, 135cc dengan power maksimal 18,2 HP dan torsinya 15,1 Nm di 8.000 RPM.

    7. Yamaha RX-Z (1985)

    Yamaha RX-Z dengan RX-King. Saudara kandung beda karakter, pasalnya dari segi desain nya RX-Z ini agak berbeda dari saudaranya.

    Perbedaannya dengan RX King di panjang langkah silinder RX-Z yang 56 x 54 mm, sedangkan RX-King 58 x 50 mm.

    Makanya RX-Z punya nama panggilan sang penjelajah, karena memang tarikan napasnya lebih panjang.

    Desainnya pakai kedok lampu, undercowl, sampai model knalpotnya bikin RX-Z terlihat lebih modern dan sporty dibandingkan RX-King.

    8. Yamaha RX-R (1988)

    Baru tau ada Yamaha RX-R? Wajar, populasinya memang sedikit di Indonesia.

    Selain itu kurang laku dibanding RX-King karena desainnya sama, tapi kubikasinya lebih sedikit jadi kesannya nanggung banget.

    Yamaha RX-R menggunakan mesin 115 cc yang mirip dengan Yamaha RX-Special.

    Jaman sekarang, Yamaha RX-R dengan kondisi baik jadi collector's item buat para pecinta Yamaha RX-series karena emang langka banget yang beredar.

    9. Yamaha RX-King Master (1996)

    Generasi kedua dari Yamaha RX-King ini muncul di tahun 1996 hingga 2001. Perbedaannya dengan RX-King Cobra, mulai RX-King Master mesinnya sudah dibuat di Indonesia. Dengan kode blok YP RX KING mulai ramai di temui di jalanan indonesia.

    10. Yamaha New RX-King (2002)

    Nah kalau yang satu ini adalah generasi terakhir dari keluarga RX-King sebab dihentikan produksinya karena regulasi emisi.

    Padahal RX-King New ini sudah ada penambahan catalytic converter pada knalpotnya sehingga emisinya bisa ditekan.

    Selain itu, karena ada catalytic converter itulah asapnya tidak ngebul seperti generasi lamanya, sehingga sering dikatakan RX-King empat tak karena tak ada asapnya.

    Namun dari segi desain body kubikasi mesin dan lainnya masih sama dengan Yamaha Rx King  pendahulunya. Uniknya, lampu depannya balik jadi bulat seperti RX100 dan RX125.

    Nah itulah yang dapat saya bagikan mengenai sejarah Motor Yamaha Rx King. Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.

    KIRIM HADIAH PAYPAL Anda dapat memberikan kami hadiah dengan Paypal yang akan kami gunakan untuk memperpanjang domain blog ini, agar terus dapat aktif berbagi ilmu.

    Related Posts

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat xschoolpedia, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain xschoolpedia.

    BANK Mandiri:1710002049008 a/n AHMAD REGAL
    PULSA : 081252069296
    PAYPAL : xschoolpedia
    Done